Studi: Puasa Setiap Hari Bisa Turunkan Berat Badan hingga Bikin Suasana Hati Lebih Baik

Jum'at, 19 Januari 2024 - 09:31 WIB
loading...
Studi: Puasa Setiap...
Peneliti menunjukkan puasa setiap hari memiliki banyak manfaat. Foto/ getty
A A A
JAKARTA – Puasa setiap hari mungkin terdengar sulit bagi sebagian orang, namun penelitian menunjukkan bahwa membatasi makan pada jam-jam tertentu setiap sehari dapat memberikan manfaat kesehatan yang besar, termasuk mengurangi rasa lapar, serta meningkatkan suasana hati dan tidur.

Dilansir thehealthy, Anda bisa melakukan puasa intermiten , juga dikenal sebagai makan dengan batasan waktu (TRE).

Secara umum, sangat penting untuk menerapkan pola makan yang selaras dengan gaya hidup Anda sekaligus menjaga kesehatan. Para peneliti dalam penelitian terbaru mengklaim telah mengidentifikasi bentuk puasa intermiten yang efektif dan mudah dicapai yang mengurangi rasa lapar dan meningkatkan suasana hati dan tidur.

Baca Juga: Tomat Ampuh Menurunkan Risiko Tekanan Darah Tinggi 36%, Baik Dikonsumsi Tiap Hari

Para peneliti, yang berafiliasi dengan King’s College London, sebuah universitas yang secara konsisten menduduki peringkat teratas secara global, baru-baru ini mempresentasikan temuan mereka yang mengungkapkan durasi optimal untuk makan dengan waktu terbatas.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 37.000 peserta yang diminta untuk menjaga pola makan teratur selama satu minggu dan kemudian mematuhi jendela makan 10 jam selama dua minggu berikutnya menggunakan aplikasi kesehatan bernama ZOE.

Menurut para peneliti, peserta mengalami peningkatan suasana hati dan tingkat energi, serta berkurangnya rasa lapar. Selain itu, jendela makan 10 jam terbukti sangat mudah dikelola sehingga hampir semua peserta memilih untuk melanjutkan rencana tersebut selama beberapa minggu tambahan.

Sarah Berry, Ph.D., seorang profesor di King's College London dan kepala ilmuwan di ZOE, menyatakan antusiasmenya terhadap implikasi penelitian ini.

“Ini adalah penelitian terbesar di luar klinik yang dikontrol ketat untuk menunjukkan bahwa puasa intermiten dapat meningkatkan kesehatan Anda. dalam pengaturan dunia nyata. Yang benar-benar menarik adalah temuan ini menunjukkan bahwa Anda tidak perlu terlalu membatasi untuk mendapatkan hasil yang positif. Jendela makan sepuluh jam, yang dapat dikelola oleh kebanyakan orang, dan meningkatkan suasana hati, tingkat energi, dan rasa lapar,” kata Dr Berry.

Dr Berry menyoroti pentingnya konsistensi dan pemeliharaan, mencatat bahwa mereka yang mempraktikkan makan dengan batasan waktu yang tidak konsisten tidak mengalami efek kesehatan positif yang sama.

“Studi ini menambah semakin banyak bukti yang menunjukkan pentingnya cara Anda makan. Dampak makanan terhadap kesehatan bukan hanya pada apa yang Anda makan tetapi juga waktu di mana Anda memilih untuk mengonsumsi makanan tersebut, dan jendela makan adalah perilaku diet penting yang dapat bermanfaat bagi kesehatan. Temuan menunjukkan bahwa kita tidak perlu makan sepanjang waktu. Banyak orang akan merasa kenyang dan bahkan menurunkan berat badan jika mereka membatasi makanannya hingga sepuluh jam,” tutur Dr. Berry.

Penelitian terbaru di AS mendukung temuan penelitian di Inggris. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association (JAMA) menegaskan manfaat dari waktu makan yang terbatas, menunjukkan bahwa menghitung kalori dalam jangka waktu terbatas lebih efektif daripada menghitung kalori saja.

Studi lain di jurnal Nutrients menunjukkan bahwa memulai waktu makan sebelum jam 11 pagi menghasilkan manfaat kesehatan yang lebih besar dan penurunan berat badan yang lebih banyak dibandingkan waktu makan berikutnya.

Baca Juga: 9 Hal Mengejutkan yang Bisa Menyebabkan Kanker, dari Teh Panas hingga Alat Kontrasepsi

Yang penting, tidak satu pun dari penelitian ini menganjurkan untuk mengurangi makanan tertentu, meski menjaga pola makan yang sehat dan seimbang selalu dianjurkan dan penyedia layanan kesehatan harus dihubungi sebelum melakukan perubahan pola makan apa pun.

Bagi mereka yang terbiasa ngemil sepanjang hari, membatasi waktu makan mungkin memberikan manfaat yang lebih besar, menurut hasil penelitian. Dan, jangan khawatir Anda tidak akan bisa mempertahankannya.

Meski puasa 14 jam terdengar seperti waktu yang lama, sebagian besar waktu puasa Anda akan dihabiskan untuk tidur.

Misalnya, jika sarapan dikonsumsi pada jam 9 pagi, maka selesaikan jendela makan pada jam 7 malam. memungkinkan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Dan Anda mungkin menemukan, seperti para peserta penelitian, bahwa ini adalah cara makan tanpa rasa sakit yang meningkatkan energi Anda dan membuat Anda tidak menginginkan camilan sebelum tidur.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Vicky Shu Sempat Alami...
Vicky Shu Sempat Alami Body Shaming, Kini Sukses Turunkan Berat Badan Pasca Melahirkan
Kebiasaan Makan IU Bikin...
Kebiasaan Makan IU Bikin Kaget, Satu Potong Kimbap Dikunyah 30 Menit
Bukan Sekadar Tradisi!...
Bukan Sekadar Tradisi! Ini Manfaat Puasa Mutih yang Dilakukan Syifa Hadju sebelum Menikah
Mengenal Nutri-Level,...
Mengenal Nutri-Level, Kebijakan Kemenkes untuk Pola Makan Lebih Sehat
Momen Lebaran Tanpa...
Momen Lebaran Tanpa Ibu, Baim Wong: Kangen Ditanya ‘Sahur Pakai Apa?’
Saat Puasa Menjadi Perisai,...
Saat Puasa Menjadi Perisai, Manusia Belajar Menaklukkan Diri Sendiri
Mengapa Zulhijjah Termasuk...
Mengapa Zulhijjah Termasuk Bulan Haram? Begini Penjelasannya
Cerita Zair, Mahasiswa...
Cerita Zair, Mahasiswa UMM Jalani Ramadan di Portugal: Puasa 12 Jam di Tengah Minoritas Muslim
Guardiola Geram, Pemain...
Guardiola Geram, Pemain Manchester City Dicemooh Suporter saat Buka Puasa di Lapangan
Rekomendasi
Indodax Diapresiasi...
Indodax Diapresiasi Atas Edukasi dan Pengembangan Pasar Aset Kripto
Mensesneg Sebut Bakal...
Mensesneg Sebut Bakal Ada Pengurangan Anggaran MBG
AS Rayakan 250 Tahun...
AS Rayakan 250 Tahun Kemerdekaan, Soroti Masa Depan Kemitraan Strategis dengan Indonesia
Berita Terkini
Solusi Cerdas Berlibur:...
Solusi Cerdas Berlibur: Perjalanan Nyaman dengan Layanan Paylater
PRJ 2026 Jadi Ruang...
PRJ 2026 Jadi Ruang Kebersamaan Keluarga di Ibu Kota
Liburan Sekolah, Hotel...
Liburan Sekolah, Hotel Ini Tawarkan Misi Seru Petualangan Staycation Keluarga
Raffi Ahmad Buka Suara...
Raffi Ahmad Buka Suara soal Kasus Blueray, Tegaskan Tak Pernah Terima Barang Gratis
Diperiksa Terkait Kasus...
Diperiksa Terkait Kasus Hanania Group, Praz Teguh Akui Sudah Kembalikan Uang Saku
Paula Verhoeven Dicecar...
Paula Verhoeven Dicecar 30 Pertanyaan soal Kasus Hanania Group, Ini Pengakuannya!
Infografis
Turunkan Berat Badan...
Turunkan Berat Badan hingga Diabetes, Ini Manfaat Rebusan Daun Sirih
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved