Mindful Shower Bukan Sekadar Mandi tapi Bisa Meringankan Pikiran, Begini Cara Melakukannya

Jum'at, 19 Januari 2024 - 17:16 WIB
loading...
Mindful Shower Bukan Sekadar Mandi tapi Bisa Meringankan Pikiran, Begini Cara Melakukannya
Mindful shower bisa menjadi langkah alternatif untuk melepas penat. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Jika sedang mengalami stres berat tetapi masih banyak tugas untuk segera dituntaskan, rasanya Anda semakin tertekan dan sulit melanjutkan aktivitas. Kondisi tersebut juga mempengaruhi suasana hati seseorang.

Melepas rasa penat tidak selalu dengan pergi liburan ke pantai atau melihat pemandangan yang asri. Praktisi komunikasi yang juga mendalami bidang psikologi, Dea Rizkita mengungkap bahwa mindful shower bisa menjadi langkah alternatif untuk melepas penat.

Dea Rizkita menjelaskan, banyak orang yang tidak menikmati proses ketika mandi. Mereka menganggap mandi hanya untuk kebersihan badan saja. Tak jarang pula ketika mandi pikirannya tidak fokus untuk mandi, melainkan ke hal-hal lain.

“Mindful shower ini sebetulnya nggak perlu lama-lama. Kalau punya waktu 5-10 menit it’s totally okay. Asalkan ketika mandi tubuh kita ya benar-benar mandi, bukan cuma fisiknya tetapi juga pikirannya,” jelas Dea dalam acara grand launching Earth Love Life di Jakarta, Kamis (18/1/2024).



Mindful shower adalah sebuah cara yang bisa dilakukan setiap orang agar tetap menaruh fokus penuh terhadap diri sendiri. Meskipun dipenuhi segudang kegiatan, menyisihkan waktu untuk meredam stres untuk tetap menjaga kondisi mental sangat penting.

Bahkan dengan menyisihkan waktu yang tak lama untuk menerapkan mindful shower, ini dapat meningkatkan kesejahteraan seseorang. Dea pun membagikan beberapa tips untuk menerapkan mindful shower.

Mindful shower membuat kelima indera yang dimiliki manusia bekerja dan menghasilkan efek yang positif ke pikiran. Anda bisa menaruh fokus saat mandi dengan melihat benda-benda di sekeliling Anda. Kemudian Anda bisa aktifkan indera peraba dengan memegang sabun dan mengusapnya perlahan ke seluruh bagian kulit.

“Terus kita bisa pegang sabun, diusap sabunnya, dan dilakukan secara sadar. Kadang kan seringnya mode rusuh ya yang penting kena sabun. Itu sebenarnya mandinya, prosesnya udah tepat, tapi mindful nggak mandinya?” ujar Dea.

Lebih lanjut Dea menjelaskan bahwa aroma berperan sangat penting untuk merelaksasi tubuh dan memperbaiki suasana hati. Sehingga Anda perlu mengenal aroma seperti apa yang Anda sukai dan dapat meningkatkan suasana hati.

Dari aroma yang dicium melalui hidung, nantinya tubuh akan mengirimkan sinyal yang dikirim ke indera perasa untuk memantik memori melalui rasa dan aroma dari produk yang Anda gunakan. Keduanya berkesinambungan membuat mandi menjadi lebih mindful.

Penerapan mindful shower bukan hanya membantu Anda melepas penat dan stres, melainkan juga memperbaiki pikiran yang dapat berdampak baik untuk kesehatan mental.

“Ibarat kata sebelum mandi itu moodnya berantakan dan pikirannya ke mana-mana. Harapannya setelah melakukan grounding itu membuat tubuh merasa jauh lebih baik dan siap untuk melanjutkan aktivitas,” tuturnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1206 seconds (0.1#10.140)