Hidup Berkualitas dengan KB

Senin, 07 Mei 2018 - 11:53 WIB
Hidup Berkualitas dengan KB
Hidup Berkualitas dengan KB
A A A
SETIAP perempuan punya hak untuk memutuskan metode kontrasepsi yang tepat. Penggunaan kontrasepsi tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan reproduksi, tetapi juga masa depan keluarga.

Berbicara tentang kontrasepsi, sebuah penelitian mengonfirmasi bahwa kemampuan perempuan untuk menggunakan kontrasepsi dan menentukan apakah dan kapan memiliki anak dapat meningkatkan kesempatan mereka untuk memperoleh pendidikan dan pekerjaan yang diinginkan.

Pada akhirnya hal itu akan berpengaruh terhadap peningkatan jumlah pendapatan mereka serta menjadikan keluarga lebih memiliki kesehatan mental dan kebahagiaan yang stabil, yang berujung pada kesejahteraan anakanak mereka. Namun, riset lain menyebutkan bahwa rata-rata perempuan menghabiskan waktu kurang dari 15 menit untuk memutuskan memilih metode kontrasepsi yang tepat bagi mereka.

Padahal, perempuan bisa menghabiskan waktu lebih dari satu jam untuk memutuskan baju mana yang akan mereka kenakan hari ini. Dr Dinda Derdameisya SpOG menuturkan, sudah seharusnya perempuan masa kini mempunyai rencana ka pan menikah dan menunda kehamilan. Berbicara tentang perencanaan, kontrasepsi memiliki peran terpenting. Setiap perempuan memiliki hak mengetahui, mempela jari, dan memutuskan metode kontrasepsi yang tepat bagi mereka.

“Sebab, penggunaan kontrasepsi akan bermanfaat tidak hanya untuk kesehatan reproduksi perempuan, tetapi juga masa depan keluarganya,” paparnya dalam peluncuran situs moth3rs.com yang diadakan Kontrasepsi Andalan.

Di sisi lain, Direktur Bina Kesertaan KB Jalur Swasta BKKBN drg Widwiono MKes menuturkan, dengan memiliki perencanaan keluarga, akan lahir generasi penerus yang bertumbuh kembang secara optimal dan siap menghadapi tantangan zaman.

“Di samping terjalinnya iklim pernikahan yang lebih kondusif, tercipta pula kesejahteraan psikologis perempuan dalam melakoni aneka peran sesuai tugas perkembangan yang dia jalani sepanjang hidupnya,” kata drg Widwiono.

Dari kacamata psikolog, Febria Indra Hastati MPsi mengungkapkan, perempuan yang mempunyai rencana akan mempersiapkan mentalnya. Sebab, memiliki anak berarti menambah satu peran.

“Makanya, harus seimbang agar tidak stres, depresi. Ketika anak berjarak terlalu dekat, misalnya, bisa terjadi sibling rivalry, kakak jahilin adiknya, belum lagi harus cari pengasuh,” urai Febria.

Jika hal ini tidak ditangani dengan baik, bukan tidak mungkin si ibu terkena stres. Stres juga bisa terjadi akibat sang ibu tidak mendapat dukungan suami atau pihak keluarga atau tidak dapat menunjukkan eksistensinya. “Kalau sudah begini, bagaimana ibu bisa mengoptimalkan lima tahun pertama atau golden period si kecil,” ungkapnya.

Pada masa emas tersebut, tengah berlangsung tumbuh kembang optimal anak. Maka itu, anak butuh perhatian penuh. Kalau tidak terpenuhi, di samping pertumbuhan fisik yang terganggu, perkembangannya juga sudah pasti tidak maksimal.

Febria juga menyoroti pernikahan dini yang masih marak terjadi di Tanah Air. Padahal, mereka baru berusia remaja, yang artinya masih dalam tahap pertumbuhan. Jadi, ketika hamil, akhirnya pertumbuhan ibu dan anaknya tidak maksimal sehingga terjadilah stunting . Pada kesempatan itu, Product Manager Kontrasepsi Andalan Norina Veronica memberikan tips terkait pemilihan kontrasepsi yang tepat.

“Pertama, pilih kontrasepsi yang sesuai dengan kenyamanan dan kepribadian Anda. Anda bisa membuka moth3rs.com untuk mengetahui perencanaan pilihan kontrasepsi modern yang sesuai,” katanya. Dia juga menyarankan untuk berkonsultasi dengan obgyn atau bidan.

“Lakukan konsultasi dengan dokter kandungan atau bidan setelah menemukan metode kontrasepsi yang dipilih. Mereka dapat membantu menyarankan apakah kontrasepsi tersebut cocok atau tidak berdasarkan gaya hidup dan kondisi kesehatan yang bersangkutan,” beber Norina.

Moth3rs.com pada dasarnya adalah sebuah platform perencanaan bagi ibu dan calon ibu di Indonesia yang dikemas dalam bentuk tips dan trik yang memberikan inspirasi untuk perencanaan keluarga.

“Bila ibu ingin tahu metode kontrasepsi yang tepat untuk menunjang aktivitas dan kesibukannya, semua informasi tersebut bisa didapat di situs ini,” pungkas Norina. (Sri Noviarni)

(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4854 seconds (0.1#10.140)