alexametrics

Manfaat Kurangi Porsi Makan Sebelum Puasa!

loading...
Manfaat Kurangi Porsi Makan Sebelum Puasa!
Menjelang puasa Ramadhan, ada baiknya Anda mulai mengurangi porsi makan. Foto/Ilustrasi/istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Tinggal hitungan hari, umat muslim diseluruh dunia akan menjalani ibadah di bulan Ramadhan. Sebelum berniat puasa selama 30 hari, ada baiknya melakukan persiapan diri sehingga tetap sehat.

Persiapan bisa dimulai dengan cara mengurangi porsi makan sejak saat ini. Hal ini bertujuan agar sistem pencernaan dapat beradaptasi selama puasa, khususnya bagi mereka yang belum pernah menjalankan puasa selama kurang lebih 14 jam.

Prof Dr dr Murdani Abdullah SpPD-KGEH dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan puasa bagi mereka yang tak biasa menahan lapar dan haus bisa menimbulkan gangguan, mulai diare, konstipasi, sembelit hingga nyeri pada bagian perut.

"Memasuki bulan Ramadhan dengan persiapan itu memang baik. Tubuh memiliki ritme dalam menjalankan fungsinya, termasuk dalam pengaturan sistem pencernaan. Bagi yang sebelumnya belum pernah puasa dan tiba-tiba puasa selama kurang lebih 14 tentunya bisa menimbulkan gangguan," kata Prof Murdani.

Tidak ada salahnya melakukan persiapan jelang puasa  dengan melakukan pengurangan asupan makanan. Jadi perut tidak kaget.

"Ada baiknya memasuki bulan puasa dengan persiapan, mulai mengurangi asupan makanan supaya irama tubuh tidak terganggu dan perut tidak kaget ketika puasa," pungkasnya.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak