Atasi Sakit Maag Saat Berpuasa dengan Konsumsi Madu

Minggu, 03 Juni 2018 - 12:52 WIB
Atasi Sakit Maag Saat Berpuasa dengan Konsumsi Madu
Atasi Sakit Maag Saat Berpuasa dengan Konsumsi Madu
A A A
JAKARTA - Maag merupakan masalah kesehatan yang kerap dikeluhkan selama bulan puasa Ramadhan. Akibatnya, menahan rasa lapar dan haus selama menjalankan puasa menjadi tantangan tersendiri bagi penderita maag. Tak jarang sejumlah penderita maag pun tidak menjalankan puasa secara penuh karena rasa tidak nyaman yang dialaminya.

Namun, Anda tak perlu cemas. Pasalnya, maag bisa diatasi dengan bahan alami salah satunya madu. Khasiat madu untuk kesehatan memang sudah tak diragukan lagi. Kandungan nutrisi dan anti inflamasi yang terkandung pada madu membuat pemanis alami ini dapat mengatasi maag jika dikonsumsi secara rutin.

Madu terbukti dapat membantu refleks asam yang menyebabkan rasa mulas dan membantu menenangkan iritasi di kerongkongan. Hal ini pun terbukti melalui banyak penelitian. Manfaat ini pun bisa didapat dengan cara campur madu dengan air hangat dan minum setiap hari.

"Viskositas madu dapat membantu mengurangi gejala asam lambung. Madu sebagian besar mengandung gula alami yang telah digunakan sebagai obat selama ribuan tahun, terutama sebagai antibakteri," ujar peneliti seperti dilansir dari Livestrong.

Fakta lainnya adalah madu lebih efektif menenangkan lapisan lambung yang terluka dibandingkan susu. Ini berkat kandungan antibakteri yang terkandung pada madu. Selain itu, konsumsi madu secara rutin juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga lambung dan saluran cerna terbebas dari kuman penyebab penyakit.

Minum air madu sebaiknya dikonsumsi setiap pagi hari setelah bangun tidur dalam keadaan perut kosong. Cara ini dapat membersihkan saluran pencernaan, menghangatkan tubuh dan memberikan energi untuk memulai aktivitas.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0286 seconds (0.1#10.140)