98,6 persen Tanah Sudah Terdaftar, Ekonomi di Kota Tangerang Selatan Naik

Rabu, 14 Februari 2024 - 10:03 WIB
loading...
98,6 persen Tanah Sudah Terdaftar, Ekonomi di Kota Tangerang Selatan Naik
Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto menyerahkan sertifikat tanah PTSL secara door to door di Gang Salem, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, Selasa (13/02/2024). (Foto: dok Kementerian ATR/BPN)
A A A
TANGERANG SELATAN - Akselerasi pendaftaran tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dijalankan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) secara merata di seluruh wilayah Indonesia. Di Kota Tangerang Selatan misalnya, pendaftaran tanah di wilayah ini telah mencapai 98,6 persen atau berkisar 490.205 bidang dari estimasi jumlah sebanyak 497.075 bidang tanah.

Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto menyerahkan sertifikat tanah PTSL secara door to door di Gang Salem,Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, Selasa (13/02/2024). Dia mengatakan, 98,6 persen tanah sudah terdaftar.

"Artinya apa, yang sudah selesai 98,6 persen, sebentar lagi seluruh wilayah Tangerang Selatan ini sudah terdaftar," ucapnya.

Adapun tujuan dari dilakukannya percepatan dalam hal pendaftaran tanah, di antaranya untuk memberikan kepastian hukum hak atas tanah masyarakat, mengantisipasi terjadinya sengketa dan konflik pertanahan, serta menghindari praktik mafia tanah.

"Kalau sudah terdaftar semua bidang tanahnya berarti di sini tidak ada lagi cekcok antartetangga, dan tanahnya tidak bisa dicaplok oleh mafia tanah karena semua tanah sudah terdaftar," ujarHadi Tjahjanto.

Meningkatkan taraf ekonomi dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat juga menjadi salah satu tujuan dari dilakukannya percepatan pendaftaran tanah. Terbukti penambahan nilai ekonomi di Kota Tangerang Selatan mencapai Rp20,05 triliun yang didapat dari PPh, BPHTB, PNBP, dan Hak Tanggungan.

"Jadi, di Tangerang Selatan ini ekonominya sangat maju sekali, masyarakatnya sejahtera," tuturHadi Tjahjanto.

Dengan capaian 98,6 persen, Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto berharap, pendaftaran tanah di Kota Tangerang Selatan terus dipercepat sehingga dapat segera dideklarasikan sebagai Kota Lengkap.

"Kita kebut hingga 2025 sudah selesai Kota Lengkap 100 persen," ucapnya.

Turut hadir mendampingi Menteri ATR/Kepala BPN, Staf Ahli Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah Yulia Jaya Nirmawati, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Lampri, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten Sudaryanto beserta jajaran.

Hadir pula Pj Gubernur Banten Al Muktabar, Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie beserta Wakil Pilar Saga Ichsan, serta jajaran Forkopimda setempat.

(CM)
(skr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1234 seconds (0.1#10.140)