alexametrics

Resep Sederhana Bubur Ayam China

loading...
Resep Sederhana Bubur Ayam China
Pernah merasakan sensasi sarapan Bubur Ayam China? Untuk menikmatinya, Anda pun bisa membuatnya di rumah. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Bubur kerap menjadi pilihan untuk sarapan. Meski dibuat dengan komposisi cairan lebih banyak, bubur jika dikonsumsi sesuai anjuran porsi tetap memiliki nilai karbohidrat yang baik untuk energi tubuh.

Sementara campuran ayam sebagai toping mengandung protein yang berperan dalam menjaga kesehatan tubuh dan pertumbuhan. Mengingat manfaatnya yang banyak, tak ada salahnya Anda sarapan semangkuk bubur pagi ini.  Anda pun bisa membuat Bubur Ayam China.

Menu ini pun bisa dibuat dengan mudah di rumah. Berikut resep membuat Bubur Ayam China seperti dikutip dari buku Menu Istimewa Sarapan Keluarga: Resep Sepanjang Masa.

Bahan-bahan:

200 g beras, cuci bersih dan tiriskan
200 ml kaldu ayam
150 g hati ayam
1 sdt air jeruk nipis
1/2 sdt minyak wijen
1 sdt kecap asin
1 sdt garam
Fillet ayam secukupnya

Toping:

2 buah cakwe, iris tipis
2 lembar kulit pangsit, potong persegi, goreng
2 batang seledri, cincang
Kecap asin secukupnya
Sambal secukupnya

Cara membuat:

Potong fillet ayam kecil-kecil. Lumuri dengan air jeruk nipis, kecap asin dan minyak wijen. Aduk-aduk hingga rata.

Tumbuk beras hingga bulirnya terbelah. Masukkan ke dalam panci yang berisi kaldu. Masak diatas api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih. Terus aduk hingga mengental.

Masukkan fillet ayam, aduk rata. Aduk terus hingga ayam matang dan bubur makin mengental. Angkat. Hidangkan bubur ayam di mangkuk.

Taburi dengan cakwe iris, kucai, seledri dan telur puyuh. Tambahkan kecap asin dan sambal. Bubur ayam cina siap disajikan.
(tdy)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak