Apa Itu Power Nap dan Manfaatnya? Yuk Cari Tahu!

Senin, 19 Februari 2024 - 06:56 WIB
loading...
Apa Itu Power Nap dan Manfaatnya? Yuk Cari Tahu!
Apa itu power nap? Istilah tersebut mengacu pada ritual tidur siang dalam waktu singkat saja, namun memiliki manfaat luar biasa. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Apa itu power nap? Istilah tersebut mengacu pada ritual tidur siang dalam waktu singkat saja, namun memiliki manfaat luar biasa.

Tidur siang ini dilakukan dengan tujuan menambah power atau energi sehingga tubuh kembali bugar dan rasa kantuk berkurang. Untuk lebih tahu mengenai manfaat power nap, simak artikel ini sampai tuntas!

Kita biasanya melewati beberapa fase tidur siang yang berbeda. Ada yang nyenyak, ada yang tidak. Siklus tidur penuh biasanya berlangsung sekitar 90 menit.



Melansir situs Cleveland Clinic, Senin (19/2/2024), tidur siang yang lama (penuh) justru memiliki kelemahan yaitu menghasilkan lebih banyak inersia tidur, yakni perasaan mengantuk yang Anda alami saat terbangun.

“Jika Anda melalui seluruh siklus tidur, kemungkinan besar Anda akan terbangun dalam keadaan pusing,” tulis penjelasan di situs tersebut.

Sebaliknya, tidur siang yang singkat bisa mengurangi risiko terbangun dalam keadaan linglung.

Lantas, berapa lama durasi power nap ini?

Ahli menyarankan untuk melakukan tidur siang singkat selama 10 hingga 30 menit, atau 20 hingga 30 menit.


Manfaat Power Nap

Tidur siang bisa sangat membantu jika Anda merasa lelah setelah tidur malam yang buruk. Bahkan bagi orang yang tidak kurang tidur sekali pun, power nap tetap memiliki manfaat.

Tidur siang singkat dapat membantu Anda mengurangi rasa kantuk dan lelah, serta membawa perbaikan pada:

- Suasana hati.
- Kewaspadaan.
- Peningkatan energi.
- Otot dan jaringan.
- Waktu reaksi.
- Ingatan jangka pendek.
- Fokus dan konsentrasi.

Jika Anda baru tertidur saat larut malam, Anda mungkin mendapatkan manfaat dari tidur siang yang lebih lama. Tidur siang selama satu jam atau 90 menit dapat membantu Anda mengatasi defisit tidur tersebut. Durasi tidur siang yang lebih lama juga terbukti meningkatkan daya ingat dan kreativitas. Namun demikian, perlu diingat, tidur malam yang cukup tentu akan jauh lebih baik.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2255 seconds (0.1#10.140)