Agustusan, Jakarta Aquarium Sajikan Aksi Berang-Berang Mengibarkan Bendera

Kamis, 13 Agustus 2020 - 22:07 WIB
loading...
Agustusan, Jakarta Aquarium Sajikan Aksi Berang-Berang Mengibarkan Bendera
Jakarta Aquarium selama bulan kemerdekaan menghadirkan aksi seru yang aman, nyaman, dan unik. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Tahun ini, Indonesia merayakan ulang tahun kemerdekaan ke-75 di tengah pandemi Covid-19 . Pandemi membuat aktivitas masyarakat sangat terbatas dan harus mengikuti protokol kesehatan pemerintah guna menghindari penyebaran virus corona baru .

(Baca juga: Persatuan Dokter Paru: Perokok Potensi Terjangkit COVID-19 Lebih Tinggi )

Dengan keterbatasan tersebut, rasa khawatir masih mengginggapi untuk menggelar perlombaan sebagaimana yang dilakukan dalam merayakan hari kemerdekaan di tahun-tahun sebelumnya. Kendati demikian, Anda tidak perlu bingung, karena Jakarta Aquarium selama bulan kemerdekaan ini menghadirkan aksi seru yang aman, nyaman, dan unik. Dan 8 hal di Jakarta Aquarium ini bisa Anda nikmati untuk mengisi perayaan kemerdekaan Indonesia.

1. Berang-Berang Mengibarkan Bendera Merah Putih

Ya, Jakarta Aquarium juga memiliki koleksi satwa non-aquatik, contohnya berang-berang atau Otters yang merupakan satwa khas Indonesia. Berang-berang merupakan anggota dari bangsa Carnivora dan suku Mustelidae yang tergabung ke dalam anaksuku Lutrinae. Satwa ini menempati berbagai habitat lahan basah seperti sungai, danau, rawa, sawah, pesisir serta laut lepas. Indonesia memiliki empat jenis berang-berang yaitu Lutrogale perspicillata, Lutra lutra, Lutra sumatrana, dan Aonyx cinereus. Dari dua jenis, L. lutra dan L. sumatrana termasuk ke dalam satwa yang dilindungi oleh Peraturan Pemerintah no 7 tahun 1999.

Berang-berang merupakan satwa komunal seperti masyarakat Indonesia, di mana jiwa gotong-royong adalah bagian dari kehidupan sehari-hari. Berang-berang juga satwa yang selain rajin bekerja, juga pintar. Di Jakarta Aquarium, berang-berang mendapat perhatian pengunjung karena mereka bisa dilatih membuang sampah pada tempatnya. Kini, Jakarta Aquarium dengan bangga akan membuat berang-berang berpartisipasi dalam perayaan kemerdekaan RI yang-75 dengan mengibarkan bendera merah putih.

2. Pengibaran Bendera Raksasa diikuti dengan Mermaid Show

Apa yang membedakan pengibaran bendera underwater (bawah air) Jakarta Aquarium beda dengan yang lain? Selain bendera raksasa yang akan dikibarkan di akuarium terbesar indoor di Indonesia, juga pengibaran ini akan dimeriahkan oleh para puteri duyung Jakarta Aquarium. Jangan ke mana-mana, lanjutkan dengan menonton 'mermaid show'.

Gerak lemah gemulai yang indah di dalam air dengan 'alat buntut ala puteri duyung' membuat Peter Wilson, pembentuk pertunjukkan Pearl of the South Sea (Mutiara dari Pantai Selatan) di Jakarta Aquarium memutuskan bahwa tim renang sinkronisasi diubah menjadi tim puteri duyung di awal pembentukannya 2016. Hebatnya, seluruh puteri duyung yang terpilih ikut pertunjukkan ini semua asli orang Indonesia dan mengalahkan kandidat dari luar negeri.

Peter yang dikenal sebagai Director of the Olympic Games in Sydney, Australia, the ASIAN Games di Doha, serta the Bali games and the Bali Agung shows di Bali Safari Park, juga menjadi sutradara dari pertunjukkan mermaid bertajuk Pearl of the South Sea. "Tidak ada pertunjukkan mana pun sejauh ini yang mengkombinasikan dunia air dengan 'puteri duyung' dan panggung pertunjukkan normal," ujar Peter.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1933 seconds (0.1#10.140)