7 Manfaat Dengarkan Musik Klasik untuk Kesehatan Mental dan Fisik, Salah Satunya Turunkan Tekanan Darah

Rabu, 28 Februari 2024 - 11:00 WIB
loading...
7 Manfaat Dengarkan Musik Klasik untuk Kesehatan Mental dan Fisik, Salah Satunya Turunkan Tekanan Darah
Lebih dari sekadar karya seni yang menawan, ternyata musik klasik juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan mental dan fisik. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Musik klasik merupakan genre musik yang berkembang di Eropa. Disebut klasik karena komposisinya lahir dari budaya Eropa sekitar tahun 1750-1825. Musik ini memiliki ciri khas melodi nan indah serta harmoni yang kompleks, sehingga mampu memikat telinga manusia selama berabad-abad.

Lebih dari sekadar karya seni yang menawan, ternyata musik klasik juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan mental dan fisik.

Berikut 7 manfaat mendengarkan musik klasik yang perlu Anda ketahui.


1. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Mendengarkan musik klasik dapat membantu menurunkan tingkat hormon kortisol dalam tubuh yang dapat memicu stres. Irama serta melodi yang menenangkan dari musik klasik dapat membantu meredakan ketegangan dan kecemasan, sehingga memberikan efek relaksasi dan ketenangan.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Musik klasik yang tenang dapat membantu Anda lebih mudah tertidur dan meningkatkan kualitas tidur. Hal tersebut dikarenakan irama yang lambat dan melodi yang menenangkan dari musik klasik dapat membantu memperlambat denyut jantung dan pernapasan, sehingga tubuh serta pikiran menjadi lebih rileks.

3. Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

Untuk Anda yang sering kesulitan berkonsentrasi, musik klasik bisa menjadi solusinya. Hal ini karena musik klasik tertentu dapat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi. Melodi dan harmoni yang terdapat dalam musik klasik dapat menciptakan suasana tenang sehingga meningkatkan kemampuan Anda untuk fokus pada tugas.

4. Meningkatkan Daya Ingat

Penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik dapat membantu meningkatkan memori dan daya ingat. Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa orang yang membaca sambil mendengarkan musik klasik terindikasi lebih mudah dalam mengingat isi bacaannya. Hal ini terjadi karena musik klasik membantu menciptakan suasana yang kondusif untuk belajar dan berkonsentrasi, sehingga informasi yang dibaca lebih mudah diserap dan disimpan dalam memori.

5. Meningkatkan Mood dan Kebahagiaan

Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa musik dapat memengaruhi suasana hati seseorang. Hal ini karena musik dapat menstimulasi otak untuk menghasilkan dopamin yang terkait dengan rasa senang dan bahagia. Jenis musik klasik dapat membuat perasaan pendengarnya menjadi lebih baik sehingga membantu meningkatkan mood.


6. Meningkatkan Kemampuan Belajar

Mendengarkan musik klasik telah lama dikaitkan dengan peningkatan fungsi otak, terutama dalam hal memori dan pemahaman. Hal ini membuatnya bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan belajar, terutama pada anak-anak. Stimulasi otak yang dihasilkan oleh musik klasik mampu membantu meningkatkan kemampuan anak untuk fokus, mengingat informasi, dan menyelesaikan masalah. Fenomena ini bahkan dikenal sebagai "Mozart Effect".

7. Menurunkan Tekanan Darah

Mendengarkan musik klasik dapat bermanfaat dalam menjaga tekanan darah tetap dalam kisaran normal. Beberapa studi menunjukkan bahwa musik klasik memiliki kemampuan untuk memengaruhi pernapasan, detak jantung, dan tekanan darah seseorang. Jika Anda mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi, disarankan untuk mendengarkan musik klasik dengan irama yang santai dan tempo yang lambat.

Mendengarkan musik klasik memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental dan fisik. Jadi, jangan lupa meluangkan waktu untuk mendengarkan musik klasik setiap hari dan rasakan manfaatnya sendiri.MG/Dinda Amelia Putri
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1381 seconds (0.1#10.140)