Mengandung Kolagen, Kolang-Kaling Bagus Dikonsumsi Penderita Nyeri Sendi

Kamis, 21 Maret 2024 - 08:20 WIB
loading...
Mengandung Kolagen, Kolang-Kaling Bagus Dikonsumsi Penderita Nyeri Sendi
Kolang-kaling atau buah siwalan mengandung zat kolagen, antiinflamasi, dan antioksidan. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Ramadan adalah bulan untuk memperbanyak ibadah. Selain puasa, ada ibadah tarawih yang akan menguras fisik seseorang. Apalagi bagi penderita osteoarthritis atau radang sendi. Dikhawatirkan akan menambah rasa nyeri pada sendinya.

Dokter Spesialis Ortopedi RSI Surabaya Ahmad Yani (RSI AYani) dr Donny Permana SpOT punya solusinya. Menurut dia, penderita osteoporosis tidak dilarang salat tarawih.

“Namun yang penting menjaga asupan gizi agar bisa kuat menjalankan ibadah puasa dan tarawih,” katanya.



Pasien dengan kondisi peradangan sendi ini bisa menjalankan salat tarawih. Ketika tarawih bisa dilakukan seperti orang normal lainnya, tidak harus duduk. Namun, tidak boleh yang terlalu cepat.

“Harus ada pemanasan dulu sebelum salat tarawih. Seperti halnya berolahraga, harus ada pemanasan dan pendinginan. Pemasanan itu berupa salat maghrib dan isya. Pendinginannya bisa dengan salat witir. Jadi tidak digenjot terus-menerus. Jangan sampai lutut panas atau nyeri,” jelasnya.

Asupan gizi itu penting bagi penderita. Dokter Donny menyaranan untuk mengonsumsi kolang-kaling atau buah siwalan setiap hari. Kolang-kaling dan siwalan itu harus yang murni, bukan yang beli kemasan karena sudah mengandung banyak pengawet.

“Harus yang asli, murni. Kalau bisa yang dari pasar tradisional,” ungkapnya.

Untuk jumlahnya, dr Donny menyarankan cukup 6 buah kolang-kaling setiap hari. Dan tidak boleh ditambah gula atau diolah menjadi manisan.



“Dikonsumsi biasa saja, tiga buah saat sahur dan tiga saat berbuka puasa,” ungkapnya.

Kolang-kaling atau buah siwalan ini, kata Donny, mengandung zat kolagen, antiinflamasi, dan antioksidan. Ketiga zat itu bagus untuk penderita radang sendi. Zat kolagen bagus untuk kesehatan sendi dan lutut serta pinggul. Juga bagus untuk mengencangkan kulit.

Zat antiinflasi juga bagus untuk mengatasi peradangan sendi, serta antioksidan bagus untuk meregenerasi sel-sel dalam tubuh.

“Makanya disarankan untuk mengonsumsi kolang-kaling dan buah siwalan itu,” pungkasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2298 seconds (0.1#10.140)