Katy Perry, Musikus Wanita Termahal

Kamis, 22 November 2018 - 08:45 WIB
Katy Perry, Musikus Wanita Termahal
Katy Perry, Musikus Wanita Termahal
A A A
NEW YORK - Sejak meraup pendapatan USD135 juta pada 2015, tabungan penembang Roar Katy Perry terus bertambah gemuk. Dalam periode Juni 2017- Juni 2018, penyanyi asal Santa Barbara, California, Amerika Serikat (AS) mengumpulkan USD85 juta. Tak heran bila lantas Perry ditahbiskan sebagai musisi wanita termahal di dunia versi Majalah Forbes mengalahkan Taylor Swift dan Beyonce.

Dengan pendukung yang tersebar di seluruh dunia dan berasal dari berbagai kalangan, Perry optimistis dapat sukses di dunia hiburan musik. “Saya tidak merasa karier saya akan hancur bagaikan bom waktu. Saya merasa masih memiliki tempat di hati pecinta musik,” katanya kepada Forbes.

Tahun ini, pendapatan Katy Perry dari bisnis musik sangat tinggi dan menjadi yang terbesar di antara musisi perempuan lainnya. Total nilai pendapatannya sebelum dipotong pajak mencapai USD83 juta. Penyanyi bernama lengkap Katheryn Elizabeth Hudson itu meraih sukses besar dari album barunya Witness (2017).

“Katy Perry merupakan salah satu musisi pekerja keras yang memiliki jadwal padat. Tur musik album barunya dapat menghasilkan keuntungan kotor sekitar USD1 juta per malam,” ungkap Forbes. “Dia juga menjadi juri dalam acara American Idol Reboot yang disiarkan ABC dan meraih pendapatan sekitar USD20 juta.”

Taylor Swift berada di posisi kedua dengan pendapatan USD80 juta. Penyanyi asal Amerika Serikat (AS) itu sempat hilang dari jagat perbincangan musik di media sosial pada tahun lalu sebelum muncul membawa album baru Reputation. Album itu laku laris di pasaran dan terjual dua juta kopi pada awal peluncuran.

Menurut Forbes, Swift juga memiliki potensi meraup keuntungan besar dari tur musiknya dan bisa saja berada di urutan teratas. Hanya saja, mayoritas tur tersebut digelar di luar tanggal penilaian Forbes sehingga nilainya masih kecil. Sebaliknya, Perry sudah berhasil menggelar tur sejak penilaian itu dilakukan.

Beyonce melengkapi ranking tiga besar Forbes dengan pendapatan USD60 juta. Sejak dikaruniai bayi kembar pada Juni 2017, Beyonce terpaksa menepi dari panggung hiburan selama beberapa waktu. Dia bahkan membatalkan album gabungan dengan suaminya Jay-Z pada Juni tahun ini. Eksistensinya pun turut memudar.

Tur musik Beyonce On The Run II yang dimulai pada musim panas tahun ini akan masuk dalam edisi tahun depan. Dia juga memiliki peluang mencetak keuntungan yang melimpah. “Saya belum pernah bertemu orang yang lebih pekerja keras dibanding diri saya di industri ini. Saya tidak pernah merasa puas,” katanya.

Namun, musik bukanlah satu-satunya sumber pendapatan para musisi papan atas dunia. Lady Gaga (nomor 5, USD50 juta) juga meraup uang tambahan dari dunia akting di film A Star is Born. Rihanna (nomor 7, USD37,5 juta) memperoleh pendapatan dari bisnis pakaian dalam Fenty Beauty and Savage Lingerie dan film Ocean’s 8.

Sejumlah musisi perempuan yang sedang naik daun ada yang tidak masuk ke dalam ranking Forbes, sekalipun mendapatkan banyak job dan meraup profit jutaan dolar AS. Mereka adalah Ariana Grande, Mariah Carey, Selena Gomez, Madonna, Halsey, dan Janet Jackson. Para musisi itu diprediksi masuk tahun depan.

Forbes hanya mengurutkan para musisi dengan pendapatan tertinggi sampai ranking 10. Semua valuasi kekayaan itu belum termasuk pajak, biaya agen, manajer, kuasa hukum, dan eksekutor. Pengumpulan data dilakukan dari tanggal 1 Juni 2017 - 1 Juni 2018 berkat kerja sama dengan Nielsen SoundScan dan NPD BookScan.

Setahun sebelumnya, posisi teratas diduduki Beyonce dengan pendapatan USD105 juta. Penyanyi berjuluk Queen Bey itu meraih sukses besar setelah album Lemonade laku keras dan disukai banyak orang hingga mengalahkan penyanyi berbakat, Adele. Dia juga mendapatkan banyak pujian dari para kritikus musik AS.

Tur dunia Beyonce berakhir dengan keuntungan jutaan dollar AS sebelum dia berhenti karena bersiap-siap melakukan persalinan bayi kembar. Adele juga sukses besar dan berada di posisi runner up dengan USD69 juta. “Pecinta genre musik tertentu pun sulit untuk tidak mengapresiasi musiknya,” kata pencipta lagu Skyar Grey.

Beyonce dan Adele menjadi musisi perempuan tersukses dengan selisih pendapatan lebih besar 10 juta dibanding musisi perempuan lainnya pada saat itu. Swift yang memuncaki ranking pada 2016 setelah sukses menggelar tur musik 1989 di seluruh dunia turun peringkat dan hanya meraup USD44 juta pada 2017.

Celine Dion berada di urutan keempat dengan USD42 juta, sedangkan Jennifer Lopez USD38 juta. Penyanyi senior, Dolly Parton juga masih exist dan berhasil meraup USD37 juta di posisi keenam. Meski begitu, musisi perempuan masih kalah jauh dari musisi laki-laki, perbandingan pendapatannya lebih dari dua kali lipat. (Muh Shamil)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5564 seconds (0.1#10.140)