alexametrics

Begini Cara Alvin Hartanto Tularkan Gaya Hidup Sehat

loading...
Begini Cara Alvin Hartanto Tularkan Gaya Hidup Sehat
Begini Cara Alvin Hartanto Tularkan Gaya Hidup Sehat
A+ A-
KESIBUKAN yang padat menjadikan masyarakat urban ingin segala hal bisa didapat secara cepat dan efisien. Tak terkecuali dalam urusan memilih makanan. Sadar akan pentingnya menjaga kesehatan, mereka pun mendambakan ketersediaan fast food namun dengan komposisi yang menyehatkan.

Nutrisionis Alvin Hartanto menangkap fenomena ini dan tergerak untuk menularkan gaya hidup sehatnya kepada khalayak. Masyarakat urban dewasa ini sudah tidak lagi cuek pada kesehatan dan gemar menerapkan gaya hidup sehat. Faktor kelebihan berat badan dan stamina yang mudah drop saat bekerja menjadi alasan mereka untuk bergaya hidup sehat.

Hanya, orang-orang ini tetap menginginkan sesuatu yang instan, layaknya memesan fast food. Masyarakat Ibu Kota, khususnya, ingin makanan sehat mereka dapat tersedia cepat di depan mata meski tengah sibuk bekerja. Maka tak heran bila layanan jasa katering semakin marak, salah satunya milik Alvin.



Naturalkitchen.id, katering sehat milik Alvin, hadir karena permintaan para pengikutnya di media sosial. Alvin memang seorang influencer di media sosial berkat postingan rutinnya mengenai pengalaman serta informasi seputar diet, fitnes, dan kesehatan.

“Banyak yang curhat, mengaku susah mendapatkan makanan yang sering saya share kepada mereka. Mendapatkan makanan sehat di Jakarta sulit, terlebih gara-gara kesibukan, mereka jadi tidak sempat memasak. Katering sehat yang ada konon juga tidak benar-benar sehat,” ungkap Alvin.

Peluang ini ditangkap oleh Alvin dengan benar-benar membuat menu keseharian yang sehat, praktis, dan hemat karena diantar langsung ke konsumen tanpa tambahan ongkos kirim. Di Naturalkitchen.id, makanan yang disiapkan memang sangat sehat sehingga cocok untuk berbagai tujuan gaya hidup sehat.

“Buat yang mau menurunkan berat badan tapi bingung mulai dari mana, ya bisa coba mengonsumsi makanan dari saya. Untuk yang diabetes juga bisa, karena resep ini semua rendah gula.

Kalau mau menu runkan atau menjaga kadar kolesterol, cocok karena makanan saya ini bukan digoreng dengan minyak. Hanya mengan dung lemak saja,” jelas Alvin. Pria berkacatamata itu menekankan bahwa konsep katering sehatnya bukan hanya untuk menurunkan berat badan, tapi juga demi kesehatan, sebab nanti makananmakanan ini bakal menaikkan metabolisme serta sistem imun tubuh.

Berat badan turun, kata Alvin, itu cuma bonus. Delapan tahun sudah Alvin berkecim pung di dunia fitnes, diet, dan kesehatan. Semua dipelajari secara autodidak pada awalnya, namun kemudian ia mengambil sertifikasi nutrisionis sport .

“Saya banyak membaca penelitian dan mengambil serti fikasi-sertifikasi lain, salah satunya dari International Asso ciation Sport Science. Saya belajar banyak banget dari soal trainer, struktur badan, struktur tubuh. Dari sana saya juga jadi paham nutrisi-nutrisi untuk makanan,” tuturnya.

Alvin mengaku, makanan dari kateringnya sehat dan bernutrisi. Hanya, ia tak mencantumkan takaran nutrisi yang terkandung pada menu-menu buatannya, baik pada kemasan makanan maupun iklan.
Alvin berdalih tak mau melanggar hukum lantaran pelabelan kadar nutrisi harus dilakukan secara legal alias ada tesnya.

“Biasanya saya beri tahu secara personal saja kalau ada yang bertanya, berapa karbohidratnya, kalorinya, lemak, dan sebagainya,” tukas Alvin.

Selain membuat katering sehat, Alvin juga menceritakan gaya hidup sehatnya selama ini melalui buku bertajuk Bukan Buku Diet. Diberi judul demikian karena Alvin merasa bukan mengajarkan khalayak cara berdiet, melainkan bagaimana membangun pola hidup sehat yang berasal dari pola makan, pola latihan, dan pola tidur.

Tak ketinggalan, Alvin membagikan pula tips sederhana yang dapat dilakukan untuk tetap konsisten menjalani pola hidup sehat di saat-saat tertentu, misalnya ketika sedang meeting, liburan, atau makan di restoran dengan berbagai menu dari sejumlah negara. Alvin berke yakinan bonus pola hidup sehat yaitu penurunan berat badan. Badan pun menjadi lebih bagus dan tentu saja lebih sehat.

“Saya bikin buku yang lengkap pandu annya. Tidak tanggungtanggung, karena kalau mau sehat, yang diperhatikan bukan cuma makanan, tapi juga gerak tubuh. Ada cara latihan yang simpel supaya kita tetap berkeringat,” jelasnya. Satu hal lagi yang harus diubah, kata Alvin, yaitu gaya berbelanja sehari-hari. Makanan sehat harus selalu menjadi pilihan utama ketimbang makanan ringan.

Bicara soal belanja makanan atau bahan makanan untuk asupan sehari-hari, Alvin mengaku lebih senang melakukannya sen diri. Tempat belanja favorit dia adalah Hero Supermarket. Bagi kaum pria, hal simpel menjadi kunci dalam segala hal, termasuk untuk urusan memilih tempat belanja.

“Hero mudah dijangkau, ada di manamana. Kebetulan dekat dengan rumah saya. Tempatnya nyaman dan bersih. Memang balik lagi ke pilihan masing-masing. Tapi, untuk saat ini saya memilih berbelanja di Hero Supermarket,” ungkap Alvin.

Harapan Alvin, katering sehat dan bukunya bisa menjadi sumber inspirasi sekaligus petunjuk untuk memulai gaya hidup sehat. Seperti salah satu kutipan di dalam buku Bukan Buku Diet, “Jangan takut di-judge saat mengubah pola makan. Sebab, ketika kamu sukses, kamu justru akan menjadi role model untuk mereka”.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak