5 Penyakit yang Sering Muncul setelah Lebaran dan Cara Mencegahnya

Kamis, 11 April 2024 - 10:00 WIB
loading...
A A A

5. Kolesterol Tinggi dan Asam Urat


Kolesterol tinggi dan asam urat kerap kambuh saat Lebaran karena konsumsi makanan tinggi lemak dan tinggi gula berlebihan. Akibatnya, tak sedikit yang mengeluhkan berbagai gejala seperti nyeri hingga bengkak.



Untuk mencegah munculnya penyakit-penyakit tersebut setelah Lebaran, Anda dapat mengambil langkah-langkah berikut:

1. Menerapkan Protokol Kesehatan


Terapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan secara teratur, menggunakan masker, dan menjaga jarak fisik saat berkumpul dengan keluarga dan kerabat.

2. Konsumsi Makanan Sehat


Pilih makanan yang sehat dan seimbang selama perayaan Lebaran, hindari makanan berlemak atau berat yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran segar.

3. Tetap Terhidrasi


Minumlah air secukupnya selama perayaan Lebaran, terutama jika melakukan aktivitas di luar ruangan atau dalam cuaca panas.

4. Istirahat yang Cukup


Berikan tubuh Anda waktu untuk istirahat yang cukup setelah perayaan Lebaran, hindari overwork atau kegiatan yang terlalu padat.

5. Atur Stres dengan Baik


Temukan cara untuk mengelola stres dengan baik, seperti bermeditasi, berolahraga, atau menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman.

6. Jaga Kebersihan Lingkungan


Pastikan lingkungan tempat tinggal Anda tetap bersih dan higienis, terutama jika ada banyak tamu yang datang selama perayaan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1810 seconds (0.1#10.140)