Dukung Kebangkitan UMKM, Unilever Luncurkan Kampanye #UnileverUntukIndonesia

Senin, 17 Agustus 2020 - 18:00 WIB
loading...
Dukung Kebangkitan UMKM, Unilever Luncurkan Kampanye #UnileverUntukIndonesia
Berbagai pihak digandeng Unilever Indonesia untuk membantu masyarakat maupun UMKM bangkit di masa pandemi. Salah satunya dijalankan melalui kampanye #UnileverUntukIndonesia. Foto Ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pandemi COVID-19 memberi pukulan hebat pada masyarakat. Hampir di semua lini kehidupan dampak krisis kesehatan global itu terasa, salah satunya di sektor industri dengan UMKM sebagai pelakunya.

Hari UKM Nasional yang dirayakan tiap tanggal 12 Agustus menjadi momentum untuk pelaku UMKM bangkit demi menggerakkan kembali roda ekonomi Indonesia yang melambat akibat pandemi corona. Tak bisa bergerak sendiri, para pelaku UMKM itu pun perlu dibantu oleh pemerintah ataupun swasta agar bisa lebih cepat bangkit. ( )

Dari sektor swasta, PT Unilever Indonesia , Tbk menjadi salah satu pihak yang memiliki inisiatif untuk mendorong kebangkitan UMKM ini dengan meluncurkan kampanye #UnileverUntukIndonesia pada Selasa (11/8) lalu. Melalui kampanye tersebut, Unilever ingin mengedepankan pesan mengenai pentingnya gotong-royong dari berbagai pihak demi membantu penguatan UMKM di Indonesia, terutama pedagang warung.

“Hampir semua sektor terkena dampak pandemi, terlebih para pelaku UMKM . Gotong-royong dari berbagai pihak untuk membantu penguatan UMKM sangat penting bagi kebangkitan kita bersama. Buat Unilever Indonesia, kemitraan dengan para pelaku UMKM, khususnya mitra pedagang warung, adalah bagian penting dari ekosistem dan pertumbuhan sejak awal kami berdiri," kata Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Hemant Bakshi dalam sambutannya terkait peluncuran kampanye #UnileverUntukIndonesia yang dikemas dalam kegiatan webinar bertajuk "Gotong Royong Jaga UMKM Indonesia".

Melalui kampanye #UnileverUntukIndonesia, perusahaan multinasional ini ingin memberikan dukungan nyata kepada 147.000 pedagang warung yang berada dalam ekosistem mereka agar tetap sehat selamat dan dapat tetap berjualan.

Untuk menjaga pelaku UMKM maupun pelanggan mereka tetap sehat selamat, Unilever memberi bantuan berupa alat perlindungan diri kepada para pemilik warung berupa pelindung wajah, masker, hand sanitizer, sabun cuci tangan, dan karbol Wipol.

Sementara, guna mendorong ke-147.000 pedagang warung memperbaiki cashflow dan menjaga kelancaran usaha, Unilever juga bakal menyumbangkan keuntungan dari transaksi mereka dengan perusahaan ini selama tiga bulan ke depan. Bantuan tersebut merupakan suntikan modal baru, yang jumlah totalnya mencapai Rp40 miliar. ( )

Selain itu, Unilever akan mendukung pula perkembangan usaha pelaku UMKM tersebut lewat platform digital seperti melalui strategi Road-to-Market yang terintegrasi ke dalam aplikasi Sahabat Warung, serta pelatihan literasi digital untuk mendorong para pedagang ini bermigrasi ke platform e-commerce.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyambut baik inisiatif yang dilakukan oleh Unilever. Apalagi sokongan terhadap 147.000 warung yang menjadi mitra Unilever itu sejalan dengan program yang dibuat oleh Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) bernama "Belanja di Warung Tetangga".

“Salah satu fokus KemenKopUKM adalah memastikan para pelaku UMKM bertahan dari dampak pandemi serta mampu bersaing di pasar dengan masuk dan terintegrasi secara berkelanjutan ke dalam rantai pasok industri. Hal ini sejalan dengan dukungan Unilever Indonesia terhadap 147.000 warung yang menjadi mitra usaha melalui kampanye #UnileverUntukIndonesia sebagai langkah konkret membantu UMKM yang tengah menghadapi kesulitan karena pandemi COVID-19," kata Teten melalui siaran tertulis.

Kampanye #UnileverUntukIndonesia sendiri merupakan kelanjutan dari berbagai inisiatif pemberdayaan UMKM yang sudah dijalankan Unilever Indonesia di bawah payung program "Selling with Purpose". Unilever meyakini, kesuksesan perusahaan dalam menjual produk-produknya akan berjalan seiring dengan berhasilan para mitra UMKM .

Beberapa contoh pemberdayaan UMKM yang telah dilakukan perusahaan tersebut antara lain pendampingan dan sistem teknologi untuk pengembangan minimarket lokal, pelatihan literasi digital “Mudah Jualan Online”, beragam pemberdayaan UMKM perempuan melalui brand Sunlight, gelaran kuliner tahunan "Festival Jajanan Bango", program bagi wirausaha mikro penjual es krim bernama “Juragan Seru”, serta pemberdayaan perempuan pengelola Bank Sampah, kelompok tani perempuan, dan koperasi tani yang digerakkan oleh Unilever Indonesia Foundation. ( )

“Kami tetap fokus pada keberlanjutan komitmen jangka panjang untuk terus bersama Indonesia, tidak hanya dalam kemudahan, tapi terlebih saat mengatasi tantangan. Kami harap kampanye #UnileverUntukIndonesia bisa menjadi katalisator bagi gerakan di antara pihak swasta untuk bergotong-royong memajukan UMKM. Bersama-sama, kita percepat pemulihan ekonomi dengan mengembalikan kekuatan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian bangsa ,” pungkas Hemant.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1877 seconds (0.1#10.140)