Kenapa Tidak Bisa Bangun Pagi? Waspada 6 Masalah Kesehatan Mental Ini

Sabtu, 20 April 2024 - 08:30 WIB
loading...
A A A

3. Gangguan Bipolar


Potensi penyakit mental lain yang membuat Anda sulit bangun di pagi hari adalah gangguan bipolar. Ini merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan perubahan suasana hati yang ekstrem.

Pasang surut yang menyertainya dapat menyebabkan masalah tidur di malam hari. Hal ini karena jadwal tidur Anda berubah drastis dalam waktu singkat, baik karena episode depresi atau manik.



4. Gangguan Afektif Musiman


Gangguan afektif musiman adalah kondisi kesehatan mental lain yang membuat sulit bangun pagi. Orang dengan kondisi ini seringkali lebih sulit tidur di malam hari dan mengalami rasa kantuk yang lebih besar di siang hari.

Meskipun kondisi ini berdampak pada manusia sepanjang tahun, orang yang lebih rentan akan menyadari bahwa gejalanya menjadi lebih buruk selama bulan-bulan musim dingin ketika sinar matahari yang tersedia lebih sedikit. Artinya, Anda tidur lebih lama di malam hari dan sulit bangun saat pagi hari.

5. ADHD


Orang yang mengidap attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) juga bisa menyebabkan penderitanya sulit untuk bangun di pagi hari. Hal ini karena mereka cenderung tidur lebih singkat dan merasa kurang tidur saat bangun tidur.

6. PTSD


Gangguan stres pasca trauma (PTSD) juga dapat menyebabkan Anda tidur lebih lama di malam hari dan lebih sulit bangun. Pasalnya, penderita PTSD sering mengalami mimpi buruk atau kilas balik yang mengganggu kemampuannya untuk mendapatkan istirahat malam yang baik sehingga menyebabkan mereka merasa lelah keesokan harinya.

Gangguan tidur adalah gejala PTSD, yang mempengaruhi antara 70 persen dan 90 persen orang dengan kondisi tersebut. Penelitian juga menunjukkan bahwa gangguan tidur berhubungan dengan permulaan dan pemeliharaan kondisi tersebut.

(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2456 seconds (0.1#10.140)