7 Cara Alami Menurunkan Gula Darah di Rumah dengan Cepat

Minggu, 12 Mei 2024 - 14:00 WIB
loading...
7 Cara Alami Menurunkan Gula Darah di Rumah dengan Cepat
Cara alami menurunkan gula darah di rumah dengan cepat dilakukan dengan kombinasi gaya hidup dan pola makan. Seperti mengonsumsi makanan rendah karbohidrat. Foto/Only My Health
A A A
JAKARTA - Cara alami menurunkan gula darah di rumah dengan cepat bisa dilakukan dengan kombinasi antara perubahan gaya hidup dan pengaturan pola makan. Seperti halnya mengonsumsi makanan rendah karbohidrat.

Mengurangi asupan karbohidrat sederhana seperti gula dan tepung dapat membantu menurunkan gula darah secara alami. Pilih karbohidrat kompleks seperti biji-bijian utuh, sayuran, dan buah-buahan rendah gula.

Meskipun beberapa perubahan ini dapat membantu menurunkan gula darah secara alami, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan atau gaya hidup. Terutama jika Anda memiliki kondisi medis yang mendasarinya atau sedang menggunakan obat-obatan tertentu.

Cara Alami Menurunkan Gula Darah di Rumah dengan Cepat



Berikut cara alami menurunkan gula darah di rumah dengan cepat dilansir dari Health, Minggu (12/5/2024).



1. Makan Karbohidrat Terakhir


Meskipun tidak mungkin untuk melakukan ini setiap kali makan, penelitian menunjukkan bahwa makan karbohidrat setelah sayuran menghasilkan kadar gula darah yang lebih rendah setelah makan.

Dalam satu studi, 16 peserta dengan diabetes tipe 2 makan makanan yang sama pada hari yang terpisah dalam berbagai urutan. Yakni karbohidrat pertama, diikuti 10 menit kemudian dengan protein dan sayuran. Protein dan sayuran pertama, diikuti 10 menit kemudian oleh karbohidrat, atau semua komponen bersama-sama.

Gula darah, insulin, dan tindakan lainnya diambil tepat sebelum makan dan setiap 30 menit setelah makan hingga tiga jam. Para peneliti menemukan bahwa kadar gula darah secara signifikan lebih rendah ketika karbohidrat dikonsumsi di akhir makan daripada di awal.

2. Konsumsi Serat Lebih Banyak


Serat adalah jenis karbohidrat yang tidak dipecah dan diserap dari usus ke dalam aliran darah. Itu berarti serat dalam makanan kaya karbohidrat sehingga tidak akan meningkatkan gula darah Anda.

Serat larut bisa memperlambat pencernaan, yang berarti bahwa karbohidrat yang diserap masih memasuki aliran darah jauh lebih lambat. Hal ini menghasilkan lonjakan gula darah yang lebih rendah setelah makan.

Efek ini terlihat dalam sebuah studi yang dirilis 2018 pada 50 orang dewasa yang sehat. Para peneliti menemukan bahwa menambahkan serat larut ke minuman manis menghasilkan kadar gula darah total yang lebih rendah secara signifikan.

3. Puasa Intermiten


Puasa intermiten (IF) menjadi strategi populer untuk menurunkan berat badan dan manfaat kesehatan lainnya, termasuk menurunkan gula darah. Ada beberapa cara untuk melakukan IF.

Untuk mengelola kadar gula darah secara khusus, beberapa penelitian menunjukkan bahwa yang terbaik adalah makan sebagian besar kalori Anda saat sarapan dan makan siang. Kemudian menikmati makan malam yang lebih kecil dan lebih awal sebelum pukul 18.00.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1405 seconds (0.1#10.140)
pixels