7 Cara Alami Menurunkan Gula Darah di Rumah dengan Cepat

Minggu, 12 Mei 2024 - 14:00 WIB
loading...
A A A
Sebuah studi 2022 melihat efek berjalan pada 21 sukarelawan muda yang sehat yang dipecah menjadi dua kelompok. Kelompok pertama berjalan cepat 30 menit setelah makan yang mengandung berbagai jumlah karbohidrat.

Kelompok lain menyelesaikan jalan cepat 30 menit setelah makan makanan campuran atau minuman tinggi karbohidrat. Para peneliti menemukan bahwa berjalan cepat secara substansial mengurangi puncak gula darah pasca makan di kedua kelompok.

6. Olahraga


Selain membangun otot dan kekuatan, latihan ketahanan dapat meningkatkan regulasi gula darah. Sebuah studi 2021 menemukan bahwa hanya satu latihan resistensi sebelum makan secara signifikan mengurangi kadar gula darah pasca-makan pada 10 pria yang tidak banyak bergerak dengan obesitas dan pradiabetes.

Studi kecil lainnya mengeksplorasi dampak berbagai aktivitas pada gula darah setelah makan pada delapan orang dengan diabetes tipe 2. Mereka termasuk duduk tanpa gangguan, 30 menit berjalan, 30 menit berjalan kaki gabungan dan latihan aerobik, serta 15 menit latihan resistensi sirkuit.

Para peneliti menemukan bahwa semua jenis olahraga menurunkan regulasi gula darah pasca makan, meskipun latihan resistensi membutuhkan komitmen waktu paling sedikit.



7. Konsumsi Alpukat


Alpukat penuh dengan lemak baik, vitamin, mineral, antioksidan, dan serat yang terbukti membantu mengatur kadar gula darah. Sebuah studi 2018 pada 31 orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas membandingkan tiga makanan yang cocok dengan kalori yang tidak mengandung alpukat, setengah alpukat, atau alpukat utuh.

Makanan dengan setengah atau seluruh alpukat mengurangi kadar glukosa darah post-meal dan meningkatkan aliran darah, dibandingkan dengan makanan tanpa alpukat. Ini dapat membantu menjelaskan hasil studi 2023 yang meneliti hubungan antara asupan alpukat dan diabetes tipe 2 pada orang dewasa AS dengan keturunan Hispanik atau Latin.

Para peneliti menemukan bahwa selama periode enam tahun, mereka yang secara teratur mengonsumsi alpukat lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan diabetes tipe 2 daripada mereka yang tidak mengonsumsi alpukat. Terutama jika mereka memiliki pradiabetes sebelum penelitian dimulai.
(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0958 seconds (0.1#10.140)