Gerakan 1 Juta Iya Boleh Dukung Eksplorasi dan Sosialisasi Anak

Kamis, 07 Februari 2019 - 14:30 WIB
Gerakan 1 Juta Iya Boleh Dukung Eksplorasi dan Sosialisasi Anak
Gerakan 1 Juta Iya Boleh Dukung Eksplorasi dan Sosialisasi Anak
A A A
JAKARTA - Guna mendukung upaya pemerintah membangun generasi emas 2045 yaitu Anak Unggul Indonesia yang sehat, cerdas, percaya diri dan berkarakter, Dancow Advanced Excelnutri+ meluncurkan gerakan 1 Juta Iya Boleh. Gerakan ini mengajak lebih banyak orang tua Indonesia untuk semakin sering mengatakan Iya Boleh sebagai bentuk dukungan terhadap eksplorasi dan sosialisasi si kecil.

"Iya boleh merupakan bentuk dukungan orang tua ke si kecil untuk eksplorasi dan sosialisasi si kecil, anak akan belajar dan semakin banyak melakukan hal baru dan potensinya akan berasa makanya iya boleh nggak cuma sekali tapi harus terus," kata Alvin Wiradarma selaku Brand Manager Dancow Advanced Excelnutri+ saat acara Dancow Adwanced Excelnutri+ Luncurkan Gerakan 1 Juta Iya Boleh Bagi Orang tua Indonesia di Ayana MidPlaza Hotel, Jakarta, Kamis (7/2/2019).

Sementara, untuk mewujudkan Anak Unggul Indonesia dibutuhkan tiga pilar utama yaitu nutrisi, stimulasi dan cinta. Pakar tumbuh kembang anak, Prof. Dr. dr. Soedjatmiko SpA (K) MSi menjelaskan bahwa nutrisi disertai imunisasi teratur dan lengkap bertujuan melindungi fisik sehingga si kecil tidak mudah sakit.

"Selain nutrisi cukup, imunisasi juga harus teratur dan lengkap. Nutrisi dan imunisasi bagaikan dua mata uang. Stimulasi, ajak anak bermain. Merangsang mata dengan bermain, mencoret, menggambar. Dan jangan lupa berikan cinta, setiap prestasi sekecil apapun harus berikan apresiasi, berikan perlindungan terhadap kekerasan, nggak boleh diomelin, dicubit dan disalahin," ujar Soedjatmiko.

Dengan menerapkan tiga pilar tersebut, maka Anak Unggul Indonesia yang sehat, cerdas, percaya diri dan berkarakter dapat terwujud. Hal ini juga dapat didukung dengan lima karakter penting yang perlu dikembangkan oleh orang tua kepada si kecil sejak usia dini yaitu berani, cerdas, kreatif, peduli dan pemimpin.

Berani, eksplorasi merupakan salah satu cara untuk si kecil berinteraksi dengan lingkungan, sehingga keberanian dan rasa percaya dirinya dapat berkembang dengan baik. Rasa percaya diri yang sehat merupakan salah satu dasar dalam mengembangkan berbagai potensi lainnya seperti problem solving, decision making dan keterampilan sosial.

Cerdas, melalui eksplorasi yang tepat sesuai tahap perkembangannya, aspek kognitif si kecil dapat terstimulasi melalui berbagai kegiatan dalam proses ekplorasinya. Kreatif, ketika terpapar pada berbagai stimulasi dan situasi melalui kegiatan eksplorasi, imajinasi dan kreativitas si kecil dapat berkembang dengan baik.

Peduli, melalui aktivitas bersama teman lain atau dewasa, si kecil belajar berinteraksi, berbagi, mengenal dan memahami perasaan orang lain, menunggu giliran serta meningkatkan toleransinya. Pemimpin, untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan, penting untuk si kecil memiliki sikap disiplin dan kemandirian yang baik. Eksplorasi mengasah kemampuan si kecil untuk mengambil kontrol akan berbagai hal di sekitarnya.

"Cara terbaik yang dapat dilakukan orang tua adalah ikut terlibat dalam proses eksplorasi dengan lebih banyak mengatakan iya boleh kepada si kecil. Jika para orang tua mendorong si kecil untuk bereksplorasi secara tepat, sesuai dengan usia dan tahap perkembangannya, tentu ini akan membantu si kecil untuk mengembangkan lima potensi karakter penting yaitu berani, cerdas, kreatif, peduli dan pemimpin," ujar Ratih Ibrahim, psikolog klinis.

Hadirnya gerakan ini, diharapkan dapat mendukung karakter anak Indonesia memiliki karakter berani, cerdas, kreatif, peduli dan pemimpin. "Harapannya kita bisa mendukung anak Indonesia memiliki lima karakter berani, cerdas kreatif, peduli dan pemimpin. Ingin menjangkau iya boleh ke ibu dan ayah lebih besar karena setiap harinya ada ibu baru. Caranya kunjungi iyaboleh.com ada tips dan aktivitas yang didukung expert," tutur Alvin.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8854 seconds (0.1#10.140)