10 Kebiasaan Sehari-hari Penyebab Pikun, Bisa Merusak Otak

Minggu, 19 Mei 2024 - 07:00 WIB
loading...
A A A

8. Konsumsi Makanan Cepat Saji


Meskipun terdapat beragam pendapat mengenai hubungan antara pola makan dan kondisi otak, beberapa penelitian menunjukkan bahwa beralih ke pola makan yang lebih sehat dapat menurunkan risiko pikun.

Ada beberapa bukti bahwa mengonsumsi makanan ala Mediterania dapat mengurangi risiko timbulnya masalah memori dan pemikiran serta terkena beberapa bentuk demensia. Ini artinya menambahkan lebih banyak buah, sayuran, dan sereal serta mengurangi makan daging merah dan makanan manis.

9. Kurang Pendidikan


Beberapa bukti menunjukkan bahwa memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi dapat mengurangi penurunan kognitif seiring bertambahnya usia.

Meskipun sulit untuk mengukur sejauh mana faktor gaya hidup individu berkontribusi terhadap risiko demensia secara keseluruhan, penelitian mendukung gagasan bahwa pendidikan yang didapatkan sejak dini dapat memengaruhi risiko mengembangkan kondisi tersebut.

10. Hidup dengan Pekerjaan Penuh Tekanan


Mirip dengan kurang tidur, perasaan stres yang terus-menerus dapat berdampak buruk bagi tubuh. Menurut Alzheimer's Society, stres mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, yang diketahui memainkan peran penting dalam perkembangan demensia.

Hormon kortisol dilepaskan selama periode stres tinggi, dan hal ini dikaitkan dengan kecemasan, depresi, dan demensia.

(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1124 seconds (0.1#10.140)