Meditasi Trataka atau Third Eye Meditation Bisa Hilangkan Stres

Rabu, 20 Februari 2019 - 15:22 WIB
Meditasi Trataka atau Third Eye Meditation Bisa Hilangkan Stres
Meditasi Trataka atau Third Eye Meditation Bisa Hilangkan Stres
A A A
MEDITASI menjadi salah satu cara untuk menghilangkan stres dan menenangkan pikiran. Meditasi Trataka atau Third Eye Meditation menjadi pilihan baru dalam meditasi untuk menenangkan pikiran. Menurut Dr Evan Thompson, peneliti University of California, Davis Campus, meditasi dapat menimbulkan perubahan di otak yang membantu seseorang menjaga kemampuan mentalnya.

Penelitian yang baru dilakukan menguji manfaat jangka panjang yang diperoleh meditasi. Menurut Thompson, hasil penelitian didapat setelah peneliti menindaklanjuti penelitian sebelumnya yang dilakukan pada 2011. Saat itu peneliti mengevaluasi kemampuan kognitif 60 peserta penelitian yang secara teratur bermeditasi selama tiga bulan.

“Para peserta penelitian bermeditasi setiap hari menggunakan teknik yang menenangkan dan membantu menghasilkan kasih sayang, cinta, serta kebaikan,” ujar Thompson, dilansir dailymail.co.uk .

Dari berbagai manfaat meditasi tersebut, Heavenly Spa by Westin di Nusa Dua, Bali, menghadirkan kelas Meditasi Trataka atau Third Eye Meditation sepanjang Maret. Kelas meditasi ini dihadirkan juga untuk memperingati Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada 8 Maret 2019.

Menurut spesialis kesehatan Heavenly Spa by Westin, Jitendra Pokhriyal, meditasi Trataka adalah praktik melihat dengan penuh perhatian, dengan tatapan yang tidak tergoyahkan sampai titik kecil hingga air mata tumpah. “Trataka juga dikenal sebagai meditasi mata ketiga, dilakukan di ruangan gelap menggunakan nyala lilin sebagai titik fokus,” ujar Pokhriyal.

Pokhriyal menuturkan, teknik meditasi sederhana ini memiliki efek pemurnian pada pikiran. Meditasi ini juga memiliki manfaat lain, yakni meningkatkan konsentrasi dan membuka jalan bagi kondisi meditasi yang lebih dalam.

“Meditasi ini juga meningkatkan kekuatan memori, memperkuat otot mata, dan membantu mengembangkan kesadaran spiritual yang lebih besar,” ujar dia. Setiap sesi Meditasi Trataka adalah latihan selama 45 menit. Menurut Pokhriyal, ini merupakan meditasi tenang yang mengundang peserta untuk sementara waktu terputus dari dengungan kehidupan seharihari yang konstan.

“Meditasi ini sangat ideal bagi para pencari gaya hidup sehat yang ingin mengatasi tantangan emosional, membersihkan tubuh, dan merevitalisasi tingkat energi,” bebernya.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6315 seconds (0.1#10.140)