8 Ikan yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat dan Kolesterol

Sabtu, 25 Mei 2024 - 09:30 WIB
loading...
A A A
Penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan ini mengurangi peradangan dan dapat membantu menurunkan risiko kolesterol hingga penyakit kronis seperti jantung, kanker, dan radang sendi.



5. Ikan Cod


Cod adalah sumber protein yang bagus dengan sedikit lemak. Sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat dan kolesterol. Selain itu, ikan jenis ini mengandung purin dalam kadar sedang, sehingga masih relatif aman jika dikonsumsi dalam jumlah terbatas.

6. Tuna


Tuna tidak menurunkan kolesterol tinggi secara langsung. Hanya saja, ikan ini dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan trigliserida yang meningkatkan rasio dan pada akhirnya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

7. Sarden


Konsumsi sarden secara rutin bisa meningkatkan kolesterol baik. Ikan berlemak seperti sarden, mengandung jenis asam lemak omega 3 esensial yang dikenal sebagai asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA).

Linus Pauling Institute melaporkan bahwa 3 ons sarden menyediakan 45 gram EPA dan 74 gram DHA, menjadikannya salah satu sumber terbaik asam lemak esensial yang menyehatkan jantung.

8. Herring


Para peneliti menemukan bahwa ikan herring dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dengan menurunkan risiko irama jantung yang tidak normal, yang dapat menyebabkan kematian jantung mendadak.



Rutin konsumsi ikan ini juga bisa menurunkan kadar kolesterol, trigliserida dalam aliran darah, mengurangi tingkat pertumbuhan plak penyumbatan pembuluh darah, dan mencegah peradangan hingga pembentukan bekuan darah.

Pastikan untuk menghindari ikan yang digoreng atau dimasak dengan banyak minyak, karena hal ini dapat meningkatkan kadar lemak dan kolesterol dalam makanan. Lebih baik memilih ikan yang direbus, dikukus, atau dipanggang untuk menjaga kandungan lemaknya tetap rendah.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1485 seconds (0.1#10.140)
pixels