Jangan Salah! Makan Udang juga Bisa Turunkan Berat Badan

Senin, 25 Maret 2019 - 16:32 WIB
Jangan Salah! Makan Udang juga Bisa Turunkan Berat Badan
Jangan Salah! Makan Udang juga Bisa Turunkan Berat Badan
A A A
JAKARTA - Udang memiliki banyak gizi dan menjadi hit di kalangan pakar kesehatan. Ini karena udang kaya akan asam lemak omega-3 yang menjaga kesehatan jantung. Udang menjadi camilan yang enak dan bahkan berfungsi sebagai pilihan bagus untuk hidangan utama, terlebih dipadukan dengan sayuran rebus atau tumis.

Udang menjadi salah satu makanan tambahan yang baik untuk program penurunan berat badan apapun. Untuk jelasnya, berikut manfaat udang seperti dilansir Times Of India;

1. Menurunkan berat badan
Udang dipenuhi dengan protein, vitamin D, vitamin B3, dan seng dan makanan ini bebas karbohidrat yang sangat baik bagi mereka yang berusaha menurunkan berat badan.

Tingginya kadar seng juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar leptin yang beredar di dalam tubuh. Leptin adalah hormon yang memainkan peran penting dalam mengatur penyimpanan lemak tubuh , nafsu makan, dan pengeluaran energi dalam tubuh.

Kadar leptin yang tidak mencukupi adalah penyebab utama mengidam dan makan berlebihan. Ini juga memiliki kadar yodium yang tinggi, yang membantu dalam mengendalikan laju metabolisme basal (tingkat di mana tubuh mengkonsumsi energi saat istirahat). Kekurangan yodium dapat menyebabkan aktivitas tiroid yang lambat yang pada gilirannya dapat menyebabkan penambahan berat badan.

2. Kaya manfaat
Udang mengandung vitamin dan mineral seperti kalsium, fosfor, kalium, vitamin A, vitamin E dan lainnya. Udang juga memiliki jumlah besar vitamin B12, B6 dan niasin, serta sumber zat besi yang kaya yang membantu dalam meningkatkan produksi sel darah merah.

3. Protein
Udang adalah makanan yang paling direkomendasikan di kalangan ahli gizi karena menyediakan jumlah protein yang kira-kira sama dengan ayam atau sapi dalam jumlah yang sama sambil menambahkan lebih sedikit kalori.

Udang mengandung hampir 12 gram protein per porsi 2 ons. Diet tinggi protein membantu penurunan berat badan dan manajemen berat badan. Protein meningkatkan jumlah energi dalam tubuh Anda dan membutuhkan waktu sangat lama untuk dicerna sehingga membakar lebih banyak kalori dan membuat Anda merasa kenyang terlalu lama. Dengan membuat Anda kenyang, itu meningkatkan kadar hormon yang mengurangi nafsu makan seperti GLP-1, PYY dan CCK, sementara juga menurunkan kadar hormon ghrelin kelaparan. Dengan demikian, mengurangi rasa lapar Anda dan membantu penurunan berat badan.

4. Rendah lemak

Sebagai sumber protein tanpa lemak, udang rendah lemak karena hanya memiliki 0,5 gram lemak per 2 ons. Udang adalah sumber kaya lemak tak jenuh, yang dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, udang adalah pilihan makanan rendah lemak yang sempurna.

5. Rendah kalori

Udang sangat rendah kalori. Sebanyak 100 gram udang hanya mengandung sekitar 115 kalori. Gabungkan dengan sayuran rendah kalori lainnya yang bikin Anda sehat! (Baca juga: Cegah Dampak Buruk, Observasi Pendengaran Bayi Baru Lahir ).

6. Kaya asam lemak omega-3

Udang juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat kaya. Jika dikonsumsi secara teratur asam lemak ini dapat membantu mengurangi peradangan dan mengurangi lemak tubuh.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7912 seconds (0.1#10.140)