7 Penyakit yang Menyebabkan Bau Mulut meski Sudah Sikat Gigi

Minggu, 30 Juni 2024 - 06:00 WIB
loading...
7 Penyakit yang Menyebabkan Bau Mulut meski Sudah Sikat Gigi
Ada beberapa penyakit yang menyebabkan bau mulut meski sudah dua kali sikat gigi. Bau mulut, atau halitosis, merupakan kondisi yang bisa membuat tidak nyaman. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada beberapa penyakit yang menyebabkan bau mulut meski sudah dua kali sikat gigi. Bau mulut, atau halitosis, merupakan kondisi yang umum dan bisa membuat tidak nyaman.

Meskipun menyikat gigi secara teratur merupakan langkah penting untuk menjaga kesehatan mulut, bau mulut terkadang masih bisa muncul. Hal ini bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan yang mendasarinya.

Jika Anda mengalami bau mulut yang tak kunjung hilang meski sudah melakukan beberapa pencegahan, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Berikut adalah penyakit yang menyebabkan bau mulut meski sudah sikat gigi dilansir dari Times of India, Minggu (30/6/2024).

7 Penyakit yang Menyebabkan Bau Mulut meski Sudah Sikat Gigi





1. Penyakit Gusi


Penyakit gusi, seperti gingivitis dan periodontitis, merupakan salah satu penyebab bau mulut yang paling umum. Infeksi pada gusi menghasilkan bakteri yang mengeluarkan bau tidak sedap. Gejala lain dari penyakit gusi termasuk gusi berdarah, bengkak, dan mudah lepas.

2. Xerostomia (Mulut Kering)


Xerostomia, atau mulut kering, adalah kondisi di mana kelenjar ludah menghasilkan air liur yang tidak cukup. Air liur berperan penting dalam menjaga kebersihan mulut dan mencegah pertumbuhan bakteri. Kurangnya air liur dapat menyebabkan bau mulut, karena bakteri tidak dibilas secara efektif.

3. Diabetes


Diabetes yang tidak terkontrol dapat menyebabkan bau mulut karena kadar gula darah yang tinggi dalam darah. Gula darah tinggi dapat diubah menjadi keton oleh tubuh, yang memiliki bau aseton yang khas.

4. Gangguan Pencernaan


Gangguan pencernaan seperti refluks asam lambung (GERD) dapat menyebabkan bau mulut karena asam lambung naik ke kerongkongan dan mulut. Asam lambung memiliki bau asam yang kuat dan dapat menyebabkan bau mulut.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)
pixels