alexametrics

Yuk, Kreasikan Takjil Berbuka Puasa dengan Olahan Kue Lumpur

loading...
Yuk, Kreasikan Takjil Berbuka Puasa dengan Olahan Kue Lumpur
Kue Lumpur dengan rasa manis yang berbeda bisa menjadi pilihan menu berbuka puasa, termasuk mereka yang bosan dengan gorengan. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Tinggalkan gorengan saat berbuka puasa. Anda pun bias membuat takjil yang spesial untuk keluarga tercinta. Dengan sedikit kreasi, Anda bisa membuat jajanan pasar yang hit, seperti Kue Lumpur.

Kue Lumpur merupakan penganan ringan dengan bahan utama santan, kentang, tepung terigu, dan telur. Sebagai pewangi, gunakan vanila dan untuk menyempurna tampilan bias diberi hiasan kismis dan kelapa muda iris di permukaannya.

Sudah kebayang nikmatnya kue lumpur? Nah, Anda bias segara bergegas membuatnya. Berikut resep membuat Kue Lumpur untuk berbuka puasa seperti dikutip akun Instagram @masaktv. (Baca juga: Es Oyen Bikin Seger Saat Berbuka Puasa).



Bahan-bahan:
500 g kentang
2 ltr air
175 g tepung terigu
175 g gula pasir putih
125 g mentega tawar
350 g santan
4 btr telur
Kismis hitam

Cara membuat:

Kupas dan rebus kentang sampai matang dan lunak. Angkat dan tiriskan, lembutkan. Dengan mixer elektronik, kocok kentang, gula, tepung, mentega yang sudah dilelehkan, santan, telur sampai adonan lembut. Panaskan wajan kue lumpur, oleskan dengan sedikit mentega.

Masukkan adonan sampai ¾ penuh, taburi dengan 2 atau 3 buah kismis. Tutup wajan, biarkan matang dengan api kecil. Setelah 15-20 menit, angkat. Hidangkan kue lumpur saat panas atau pun dingin.
(tdy)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak