Nippon Paint dan Ratusan Nelayan Serang Rayakan Fisherman’s Day dengan Kegiatan Donasi Cat hingga Pawai

Jum'at, 05 Juli 2024 - 14:14 WIB
loading...
Nippon Paint dan Ratusan...
HNSI wilayah Serang, Banten, merayakan Hari Nelayan Internasional pada 29 Juni 2024 dengan berpawai di sepanjang perairan laut utara. Tepatnya di Kepuh Margagiri, Kampung Cikubang, Desa Argawana, Kecamatan Puloampel, Kabupaten Serang. Foto/Istimewa
A A A
SERANG - Ratusan nelayan yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) wilayah Serang, Banten, merayakan Hari Nelayan Internasional pada 29 Juni 2024 dengan berpawai di sepanjang perairan laut utara. Tepatnya di Kepuh Margagiri, Kampung Cikubang, Desa Argawana, Kecamatan Puloampel, Kabupaten Serang, Banten.

Tanggal 29 Juni menjadi momen sakral para nelayan di seluruh dunia karena diperingati sebagai Hari Nelayan Internasional atau Fisherman’s Day.

“Keberadaan nelayan di Indonesia sangatlah penting karena telah memberikan kontribusi besar dalam sektor perikanan negara ini, bahkan disebut sebagai salah satu pejuang pangan. Melihat pentingnya peran nelayan dan bertepatan dengan diperingatinya Hari Nelayan Internasional atau setiap tanggal 29 Juni, maka Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia menyelenggarakan Syukuran Nelayan Kabupaten Serang 2024 dengan mengusung semangat ‘Nelayan Sejahtera Negara Kuat’,” kata Sabihis, Ketua HNSI Kabupaten Serang.

Tak dapat dipungkiri, nelayan berperan besar dalam menyuplai ikan sebagai sumber protein penting pada komposisi menu makanan masyarakat Indonesia.

Melansir situs resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan, ikan dapat dijadikan salah satu komoditas untuk mendukung terwujudnya ketahanan pangan dan gizi. Peran penting ikan dalam ketahanan pangan ini ditopang oleh daerah produksi perikanan.

Kampung Cikubang yang terletak di Kabupaten Serang, Banten, merupakan salah satu daerah produksi perikanan yang penghidupannya bergantung pada hasil laut.

“Melalui perayaan ini, HNSI Kabupaten Serang sebagai organisasi nelayan ingin merealisasikan aspirasi masyarakat nelayan serta mendorong peningkatan kesejahteraan para nelayan, pemberdayaan nelayan dalam menumbuhkembangkan ekonomi kerakyatan dalam bidang perikanan,” ungkap Sabihis.

”Selain itu juga untuk menumbuhkan rasa kepedulian antarsesama masyarakat nelayan, memperkuat hubungan yang dapat diandalkan antara komunitas nelayan, pedagang, pengolah, lembaga pemerintah dan non-pemerintah, serta berbagai pemangku kepentingan untuk membangun sektor perikanan yang menguntungkan dan berkelanjutan, serta meningkatkan eksistensi masyarakat nelayan di Kabupaten Serang, Banten,” katanya lagi.

Melihat peran nelayan yang begitu besar bagi ketahanan pangan Indonesia, Nippon Paint berkomitmen untuk berkontribusi memberikan dukungan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Nippon Paint Indonesia dengan melakukan aksi nyata Warnai Kehidupan #ColouringLives untuk membantu nelayan dan masyarakat pesisir di berbagai daerah di Indonesia.

“Dukungan yang diberikan Nippon Paint yaitu dengan mendonasikan 1.115 liter cat Bee Brand 1000 dan Nippon Copper Paint Anti-Fouling guna peremajaan 150 kapal nelayan peserta rempug nelayan. Dengan produk-produk Nippon Paint yang berkualitas tinggi, peremajaan melalui pengecatan kapal nelayan diharapkan dapat memperindah tampilan kapal dan membuat kapal tampak lebih bersih, layak, dan memaksimalkan fungsi jangka panjang,” beber Topan Wijaksono, Regional Sales Manager Nippon Paint Indonesia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1822 seconds (0.1#10.140)