Adegan Kematian Iron Man di Avengers: Endgame Adalah Improvisasi

Minggu, 16 Juni 2019 - 19:40 WIB
Adegan Kematian Iron Man di Avengers: Endgame Adalah Improvisasi
Adegan Kematian Iron Man di Avengers: Endgame Adalah Improvisasi
A A A


Salah satu adegan paling emosional di Avengers: Endgame adalah adegan kematian Tony Stark alias Iron Man. Tony yang diperankan Robert Downey Jr. (RDJ) meregang nyawa setelah menjentikkan tangannya yang didayai 6 Batu Keabadian dan membuat Thanos beserta pasukannya menghilang dari semesta. Kematian Tony memang sudah diantisipasi para penggemar. Namun, tetap saja adegan itu cukup mengejutkan bagi para penontonnya.

Avengers: Endgame memang sudah berlalu dari layar bioskop. Namun, film ini terus dibahas. Banyak hal menarik dari film ini yang kemudian menjadi dasar bahasan tentang apa yang akan terjadi di masa depan film Marvel Cinematic Universe (MCU) dan juga tentang apa yang terjadi di balik layar ketika film itu dibuat. Adegan kematian Tony itu pun ternyata punya cerita tersendiri.

Menurut pemeran Peter Parker/Spider-Man, Tom Holland, adegan kematian Tony di Endgame itu tidak ada di naskah. Semuanya dilakukan atas improvisasi RDJ saat syuting adegan tersebut. Tom baru mengungkapkan hal tersebut dalam sebuah wawancara untuk promosi film Spider-Man: Far From Home. Ini agak mengejutkan karena Tom adalah salah satu bintang MCU yang sering kali mengungkapkan spoiler sebelum film ditayangkan.

“Ini menarik karena ketika kami syuting adegan itub dengan Robert, tidak ada naskahnya, sama sekali. Saat itu hanya ada Kevin Feige (bos Marvel Studios), duo Russo Bersaudara (sutradara Endgame), saya, Robert Downey Jr., Gwyneth Paltrow (Pepper Potts/Rescue) dan Don Cheadle (Rhodey/War Machine). Mereka seperti membawa kami ke lokasi syuting, mereka seperti mengatakan kepada kami tentang apa yang akan terjadi, atau apa yang mereka inginkan terjadi dan kemudian kami hanya berimprovisasi jika saya bisa mengingatnya dengan baik,” papar Tom seperti dikutip Movie Web.

Dalam adegan tersebtut, usai menjentikkan jari dan melenyapkan Thanos beserta anak buahnya, Iron Man terlihat terluka berat. Dia kemudian duduk dan orang-orang dekatnya pun mengerumuninya. Mereka adalah Peter, Pepper dan Rhodey. Rhodey-lah yang pertama kali menemuinya, kemudian disusul Peter. Menyangkal apa yang terjadi, Peter berulang kali mengatakan kepada Tony kalau mereka menang, berharap kalau itu akan membuat mentornya itu tetap hidup. Namun, ketika sadar kalau dia tidak bisa berkata apa-apa, Spider-Man pun bersedih. Pepper kemudian muncul dengan menyadari betul apa yang akan terjadi. Dia memberikan izin bagi Tony untuk ‘istirahat sekarang’, karena mereka akan baik-baik saja. Beberapa saat kemudian, cahaya di reaktor sudut Iron Man berkedip sebelum akhirnya mati. Ini mungkin adalah adegan tersulit untuk dieksekusi di film itu, tapi tampaknya Marvel Studios memberikan kebebasan bagi para bintangnya di adegan tersebut.

RDJ sendirilah yang memilih untuk tetap diam selama adegan kematian Iron Man. Ini membuat adegan itu lebih emosional karena karakter itu dikenal suka bicara. Itu juga membuat karakter lain bisa mengucapkan selamat tinggal dengan layak kepadanya dengan cara karakter mereka—Rhodey menguasai emosinya, Peter mengeluarkan semuanya, sementara Pepper berusaha kuat sampai Tony benar-benar pergi. Ini bukanlah adegan pertama Endgame yang diimprovisasi. RDJ juga di luar skrip di adegan konfrontasi intens antara Tony dan Steve Rogers di awal film.

“Itu benar-benar cara yang menarik untuk syuting adegan yang penting seperti itu di film, tapi itu adalah hari yang benar-benar emosional dan maksus saya ketika melihat ke belakang sekarang, itu mungkin adalah hari tergila di lokasi syuting. Tapi, itu benar-benar mengagumkan dan menjadi adegan yang fantastis,” ujar Tom.

Adegan kematian Tony itu bukanlah adegan pertama yang diimprovisasikan Tom. Pada akhir Avengers: Infinity War ketika Peter berubah menjadi debu, dia mengatakan, “Pak Stark, aku merasa tidak enak” dan kemudian “Aku tidak mau pergi.” Ucapan itu dibuat sendiri oleh Tom di lokasi syuting.

Memang, improvisasi bukanlah hal baru di MCU dan dengan aktor seperti RDJ, Don dan Gwyneth, pasti cukup mudah melakukannya. Tom juga membuktikan dirinya adalah sebuah kekuatan di lokasi syuting setelah memukau Russo Bersaudara dan Kevin dengan kekuatan fisiknya, dengan bisa melakukan adegan berbahaya dengan kostum Spider-Man tanpa pemeran pengganti.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7573 seconds (0.1#10.140)