alexametrics

Festival Layangan untuk Tarik Wisatawan ke Pangandaran

loading...
Festival Layangan untuk Tarik Wisatawan ke Pangandaran
Festival Layangan untuk Tarik Wisatawan ke Pangandaran. (Koran SINDO. Agung Bakti Sarasa).
A+ A-
PANGANDARAN - Kawasan wisata Pangandaran, Jawa Barat, terus berbenah untuk menarik lebih banyak wisatawan ke daerah itu.

Selain memperbaiki infrastruktur, pemerintah daerah setempat juga terus mengembangkan agenda wisatanya. Yang teranyar adalah pergelaran Festival Layanglayang Internasional 2019. Eventini diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan ke kabupaten termuda di Jawa Barat itu.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan optimistis acara tersebut dapat mendongkrak citra positif Pangandaran sebagai destinasi wisata unggulan. “Tentunya kita bangga.



Ini menjadi festival yang ditunggutunggu oleh internasional seperti negara Eropa dan Asia,” kata Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil, seusai membuka Festival Layang-layang Internasional di Pantai Timur, Pangandaran, kemarin.

Festival layang-layang bertajuk Pangandaran International Kite Festival 2019 itu diikuti peserta dari dalam negeri dan mancane ga ra. Emil yakin, melalui festival tersebut, kunjungan wisatawan ke Pangandaran tahun ini yang ditargetkan 5 juta wisatawan terealisasi.

Selain menikmati keindahan panorama Pantai Pangandaran, kata Emil, wisa ta wan juga disuguhi peman dangan berbagai macam layang-layang yang menghiasi langit Pangandaran.

“Melihat ini, saya yakin target 5 juta wisatawan akan tercapai dengan dukungan dari kami,” katanya. Tidak hanya menggelar festival layang-layang, ujar Emil, dukungan Pemprov Jabar lainnya, yakni menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan Bandara Nusawiru sebagai pintu masuk utama wisata wan, baik lokal maupun mancanegara.

“Bandara Nusawiru sedang kita kerja samakan sehingga arus wisatawan ASEAN dari Bintan bisa langsung ke Pangandaran,” jelasnya. Bahkan, sambung Emil, Pem prov Jabar juga sudah mengalokasikan anggaran sebe sar Rp80 miliar untuk penataan pesisir Pantai Barat dan Timur Pangandaran tahun ini.

Terlebih, kata Emil, pengajuan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pangandaran kepada pemerintah pusat sudah menemui titik terang. “Dukungan dari pemprov lahir batin Rp80 miliar. Tahun ini sudah kami siapkan untuk penataan pantai timur dan barat.

KEK juga sudah didaftarkan dan sudah masuk ba bak final untuk disetujui,” katanya. Sementara itu, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, Pangandaran International Kite Festival 2019 lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya.

Festival ini, kata Jeje, bertujuan untuk mendong krak semangat pembangunan di Pangandaran. “Festival layang-layang ini adalah bagian dari tradisi kami setiap bulan Juli dalam mewujudkan Pangandaran sebagai tujuan wisata berkelas dunia. Tahun ini lebih besar dan meriah, kami lebih semangat lagi membangun Pangan daran,” tandas Jeje. (Agung Bakti Sarasa)
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak