alexametrics

Ini Penyebab Urtikaria Kolinergik, Gatal-gatal yang Dialami V BTS

loading...
Ini Penyebab Urtikaria Kolinergik, Gatal-gatal yang Dialami V BTS
V BTS mengaku dirinya merasa mengalami urtikaria kolinergik, gatal-gatal yang terasa di tubuhnya. Foto/Instagram.
A+ A-
SEOUL - Urtikaria kolinergik, kondisi yang dialami V BTS terjadi ketika tubuh bereaksi terhadap alergen dan melepaskan histamin serta bahan kimia lainnya dari bawah permukaan kulit. Histamin dan bahan kimia menyebabkan terjadinya peradangan dan cairan menumpuk di bawah kulit yang membengkak.

Dilansir Medicalnewstoday, urtikaria bisa dipicu karena beberapa hal lain, diantaranya obat-obatan, termasuk beberapa antibiotik dan obat antiinflamasi non-steroid (NSAID), seperti aspirin dan penghambat ACE, digunakan untuk tekanan darah tinggi.

Makanan, seperti kacang, kerang, telur, stroberi, dan produk gandum juga bisa menjadi pemicu kondisi ini. Penyebab lainnya adalah infeksi, termasuk influenza , flu biasa, demam kelenjar, dan hepatitis B, infeksi bakteri, termasuk infeksi saluran kemih dan radang tenggorokan.



Parasit usus, suhu ekstrem atau perubahan suhu, suhu tubuh tinggi, bulu hewan peliharaan dari anjing, kucing, kuda, dan sebagainya, tungau debu, kecoak dan limbah kecoak, getah, serbuk sari beberapa tanaman, termasuk jelatang, poison ivy, dan poison oak, gigitan serangga dan sengatan, merupakan beberapa hal yang harus diwaspadai. (Baca juga: Alami Urtikaria Kolinergik, Tubuh V BTS Gatal-gatal).

Beberapa bahan kimia, penyakit kronis, seperti penyakit tiroid atau lupus, paparan sinar matahari, air di kulit, goresan hingga olahraga merupakan pemicu urtikaria yang membuat pederitanya merasakan sensasi gatal. Namun, lebih dari setengah dari semua kasus, urtikaria tidak pernah ditemukan penyebab pastinya.

Sementara, urtikaria kronis dapat disebabkan karena respons autoimun, tetapi mengapa hal ini terjadi masih belum jelas.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak