Didukung Feni Rose, Audi Kirana Tapaki Karir Bermusik lewat Cover Seberkas Sinar

Senin, 22 Juli 2024 - 15:53 WIB
loading...
Didukung Feni Rose,...
Foto: Doc. Istimewa
A A A
JAKARTA - Penyanyi pendatang Audi Kirana yang merupakan putri bungsu Ratu Gosip, Feni Rose coba menapaki karir musik dengan merilis singel terbarunya, Seberkas Sinar. Singel terbaru ini merupakan daur ulang milik almarhumah Nike Ardilla yang populer saat dirilis 1989 lalu.

“Dari semua lagu yang diperdengarkan sama Mami (panggilan Audi untuk Feni, RED.), lagu itu yang langsung menarik perhatianku,” cerita kelahiran Jakarta, 19 Februari 2006 itu.

Lagu itu, lanjut Audi, mengingatkannya pada Still Loving You, singel milik Scorpion yang kebetulan juga lagu favoritnya.

Biarpun masih belia, sudah sejak lama Audi punya ketertarikan pada musik rock. Terutama rock lawas. Hal ini diturunkan oleh Sang Ayah, Enkito Herman Nugroho yang juga pekerja seni.

“Dari aku kecil Daddy sering banget muter Queen, The Beatles, gitu-gitu…” ingatnya.

Meski begitu, keputusannya untuk menekuni genre ini baru muncul saat dia menginjak kelas 8. Tepatnya setelah nonton biopik Bohemian Rhapsody. “Nggak spesifik jadi suka banget sama Queen atau Freddie Mercury, tapi aku jadi lebih mantap aja. Ada sesuatu dari genre ini yang buatku liberating ,” ujarnya lagi.

Minat Audi pada urusan tarik menarik suara dimulai saat masih berusia 5 tahun. Dia sering kedapatan meniru dan menyanyikan lagu-lagu yang didengarnya di radio atau TV macam Katy Perry, Lady Gaga juga Madonna.

Dari situ Sang Ibu mengarahkannya untuk ikut les menyanyi juga gitar. Saat memasuki usia SMP, dia mulai menulis lagu sendiri. Kepiawaiannya merangkai lirik dan melodi itu berbuah jadi sebuah EP. Persisnya saat Audi masuk SMA.

“Sebenarnya itu buat tugas sekolah pas kelas 1 SMA. Jadi aku disuruh bikin proyek apapun yang merupakan kesukaan dan minatku,” tukas perempuan yang baru saja menamatkan SMA-nya ini.

Tentunya bukan perkara mudah untuk mengcover lagu penyanyi dengan karakter suara khas seperti Nike Ardilla dan meski ini bukan pertama yang di dengernya karena dia lebih dulu mendengar Bintang Kehidupan.

“Ketika pertama dengerin aku ke inget lgu scorpion Connect dengan makna lagunya untuk di remake bukan kendala lebih ke kekurangan recording ada bwberapa part makanya harus di undur lagi karena bahasa Indonesia beraksen. Makanya selalu nanya mami aja,” ucapnya.

Adalah Sang Ibunda Feni Rose yang kemudian mengarahkan Audi untuk lebih mengenalkan kepada putrinya yang akhirnya mantap menjadikan rock sebagai genre pilihannya.

Dia pun memperdengarkan beberapa karya milik rocker-rocker perempuan senior pada Audi dan bahkan meriset tentang kisah dibalik lagu Seberkas Sinar ini.

“Selain mengenal, menurut saya dia perlu untuk memahami dan menghargai sejarah perjalanan rocker perempuan yang lebih senior. Karena masing-masing pasti punya perjuangan dan kisahnya sendiri yang bisa dicontoh sebagai bekal,” ucap Feni.

Bentuk pemahaman dan interpretasi Audi pada sosok dan karakter bermusik seorang Nike Ardilla ditunjukkan dengan tidak mengebiri Seberkas Sinar menjadi sekadar lagu pop mellow.

Sebaliknya dia dengan begitu berani berjudi mengetengahkan dan memberi penekanan bahwa lagu itu sejatinya adalah lagu rock yang kebetulan terbungkus dalam kemasan pop. Baik melalui caranya melantun maupun aransemen yang juga eksplosif di beberapa bagian.

Upaya lain Feni Rose agar anaknya bisa lebih berkembang sebagai penyanyi dia pun mempercayakan kepada beberapa guru les vokal demi perkembangan karakter suara anaknya sebagai bentuk perkembangan karir menjadi penyanyi yang matang alias tidak karbitan atau setengah setengah.

“Bentuk dukungan aku buat anak mempercayakan pada beberapa guru vokal Indra Azis pernah dan sekarang Doddy Katamsi agar suara rocknya berkarakter kalo ada netizen komen gak bisa dihindari dimana dari awal concern lagunya biaa bagus dan tonjolkan karakter dia gak ambil nada tinggi tapi bisa diinterpretasi dengan gaya dia meski dia bahas indonesia jelek selama komen ada respons itu sesuatu yang baik,”papar wanita yang dikenal sebagai presenter infotainment ini.

Cover single Seberkas Sinar ini dikerjakan oleh Richard Bernhard (produser) dan Daniel Clift (produser musik). Singel ini menjadi peragaan warna vokal Audi yang unik terutama saat bermain di nada-nada rendah. Tak berhenti di situ, penghargaan Audi terhadap Sang Senior juga tercermin di video musik single ini.

Disutradarai oleh Giannirma Gavrila Herman, yang tak lain adalah kakak kandungnya, di video tersebut Audi rela berdandan total bak Marilyn Monroe, yang adalah idola Nike. “Aku berharap upaya interpretasi ini bisa diterima, baik oleh fans Nike maupun publik yang lebih luas,” bilang Audi.

Sebagai informasi lagu Seberkas Sinar sudah bisa didengar di seluruh layanan streaming mulai 18 Juli 2024.
(unt)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1689 seconds (0.1#10.140)