12 Jenis Makanan yang Memicu Penyakit Ginjal

Rabu, 24 Juli 2024 - 16:00 WIB
loading...
12 Jenis Makanan yang...
Jenis makanan yang memicu penyakit ginjal cukup banyak. Apalagi, saat ini hemodialisa menjadi tren. Foto/ diabetes.co.uk
A A A
JAKARTA - Jenis makanan yang memicu penyakit ginjal cukup banyak dan ini harus menjadi perhatian. Apalagi, saat ini penyakit hemodialisa atau cuci darah menjadi tren di kalangan anak muda.

Orang dengan penyakit ginjal biasanya perlu mengikuti pola makan rendah natrium, protein, kalium dan fosfor. Artinya mereka yang menderita penyakit ini harus membatasi atau menghindari makanan, seperti alpukat, nasi merah dan keripik.



Ginjal melakukan banyak fungsi penting untuk kesehatan, termasuk menyaring produk limbah dan kelebihan cairan dari tubuh dan membuangnya melalui urin. Ginjal juga mengatur keseimbangan mineral tubuh dan menghasilkan hormon yang merangsang produksi sel darah merah.

Ketika seseorang menderita penyakit ginjal, produk limbah dapat menumpuk di dalam darahnya. Seorang dokter mungkin merekomendasikan perubahan pola makan untuk membantu mengelola kondisi dan mendukung fungsi ginjal.

Seorang ahli diet spesialis ginjal biasanya menyarankan untuk menyesuaikan pola makan dengan kebutuhan mereka. Pasalnya, pola makan ramah ginjal, disebut juga diet ginjal, mungkin sedikit berbeda tergantung pada stadium penyakit ginjal seseorang. Misalnya, mereka yang menderita penyakit ginjal kronis (CKD) tahap awal harus membatasi asupan natrium dan mungkin protein.

Pada tahap akhir CKD, yang dikenal sebagai gagal ginjal, seseorang harus mengikuti diet yang membatasi natrium, kalium dan fosfor.

Jenis Makanan yang Memicu Penyakit Ginjal

1. Makanan kaleng
Natrium, bahan utama garam, merupakan mineral alami yang banyak ditemukan pada makanan kaleng dalam jumlah tinggi. Produsen biasanya menambahkan natrium ke makanan kaleng untuk meningkatkan umur simpan dan meningkatkan rasa.

Dengan CKD, ginjal tidak dapat menghilangkan kelebihan natrium sebagaimana mestinya. Artinya penderita CKD harus menghindari atau membatasi makan makanan kaleng, seperti sup, sayur mayur, dan kacang-kacangan.

Memilih makanan kaleng berlabel “rendah natrium” dan mengeringkan isinya dapat membantu mengurangi jumlah natrium yang dikonsumsi seseorang.

2. Roti gandum utuh
Penumpukan fosfor dan kalium dapat menyebabkan masalah bagi penderita CKD. Karena tingginya kandungan mineral tersebut pada roti gandum, penderita CKD sebaiknya memilih roti tawar.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1663 seconds (0.1#10.140)