alexametrics

3 Tanda Bayi Belum Siap Konsumsi Makanan Padat!

loading...
3 Tanda Bayi Belum Siap Konsumsi Makanan Padat!
Kapan bayi diperbolehkan mengonsumsi makanan padat? Untuk ibu baru, ini menjadi pertanyaan sulit. Untuk mengetahui, ada tanda yang harus diketahui. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Memberi makan bayi dengan makanan padat untuk pertama kalinya adalah tonggak sejarah yang hebat dan memberi kegembiraan sangat jelas. Tetapi, kapan waktu yang tepat untuk memperkenalkan makanan padat kepada bayi?

Nah, ada banyak tanda yang harus diperhatian yang memberi tahu, apakah si kecil siap untuk memulai makanan padat atau tidak. Tetapi, beberapa tanda-tanda palsu sebenarnya dapat membingungkan orang tua dan dapat menyebabkan mereka untuk memperkenalkan makanan padat lebih cepat dari yang seharusnya.

Jadi, sebelum Anda mulai memberi makanan padat, seperti dilansir Times of India, ada 3 tanda-tanda yang harus diperhatikan:



1. Penambahan berat badan
Anda mungkin pernah mendengar dari banyak orang bahwa jika bayi memiliki berat lahir dua kali lipat, maka sekarang saatnya untuk memperkenalkan makanan padat. Yah, ini mungkin bukan masalahnya. Banyak bayi menggandakan berat lahir mereka hanya dalam 3-4 bulan, tetapi itu tidak berarti bahwa mereka siap untuk mencicipi makanan lainnya.

Jika Anda akan memulainya sekarang, maka itu akan terlalu dini untuk bayi. Jadi, penambahan berat badan tidak ada hubungannya dengan asupan makanan. Waktu terbaik untuk memperkenalkan makanan padat adalah di pertengahan tahun pertama, yaitu ketika berusia 6 bulan.

2. Menambah berat badan

Bayi umumnya bertambah berat lebih cepat di bulan-bulan awal, setelah itu berat badannya sedikit melambat. Ini menyangkut banyak orang tua dan membuat mereka berpikir bahwa masalah berat badan akan menyebabkan kekurangan gizi. (Baca juga: Bosan dengan Sate? Yuk Bikin Sup Kambing Bening Madura).

Akhirnya, orang tua kerap memberi makan bayi mereka dengan makanan padat sangat awal. Itu cukup normal, jika laju pertumbuhan melambat setelah 2-3 bulan dan orang tua tidak perlu khawatir.

3. Penampilan gigi

Kadang-kadang orang tua disarankan, jika bayi sudah mulai tumbuh gigi, maka sudah saatnya untuk memulai makanan padat. Namun, penampilan gigi bukanlah pertanda bahwa bayi siap untuk makanan padat.

Beberapa anak lebih cepat tumbuh gigi, sementara yang lain sangat terlambat. Harus diperhatikan, tumbuh gigi bukanlah tanda yang sebenarnya.

Beberapa tanda kesiapan yang umum anak bisa diberi makanan padat, seperti bayinya sudah sekitar enam bulan, bayi bisa duduk tanpa dukungan apapun, dan bayi telah kehilangan refleks dorong lidahnya.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak