alexametrics

Tips Mengolah Ikan untuk Hasil yang Nikmat dan Sempurna

loading...
Tips Mengolah Ikan untuk Hasil yang Nikmat dan Sempurna
Untuk menghasilkan hidangan ikan yang nikmat dan menggugah selera serta sekaligus mendapatkan manfaat dari ikan, diperlukan teknik memasak yang tepat. (Savour)
A+ A-
JAKARTA - Ikan merupakan bahan makanan yang baik untuk kesehatan karena kaya dengan nutrisi penting, seperti protein dan lemak sehat seperti asam omega 3. Biasanya, ikan diolah dengan cara direbus, goreng atau panggang. Sayangnya, masih banyak yang keliru memasak ikan. Akibatnya, manfaat dari ikan pun hilang.

Untuk menghasilkan hidangan ikan yang nikmat dan menggugah selera serta sekaligus mendapatkan manfaat dari ikan, diperlukan teknik memasak yang tepat. Lantas bagaimana cara memasak ikan yang sempurna? Dilansir dari Times of India, berikut trik memasak ikan yang sempurna.

1. Periksa kesegaran

Untuk memeriksa kesegaran ikan, mulailah dengan menciumnya. Ikan segar akan berbau laut tetapi tidak amis, insang harus cerah dan lembab. Periksa segala jenis perubahan warna kulit. Selanjutnya, insang harus sedikit basah dan tidak berlendir atau kering, daging dan sisik dalam keadaan baik.

2. Potong leher
Mulailah dengan memotong leher dan kemudian tekan pisau ke arah kepala dan iris secara perlahan di sepanjang tepi atas tulang belakang sampai seluruh fillet telah terpotong. Putar dan potong tulang dari sisi lain dan singkirkan daging yang menempel.



3. Bersihkan
Dengan menggunakan pisau yang tajam, potong kulit dari ventilasi ke insang. Buang jeroan dan cuci dengan air mengalir hingga bersih. Angkat sirip dengan memotong daging di sepanjang kedua sisi sirip. Taburkan garam di atasnya dan letakkan di lemari es sampai siap digunakan.

4. Hilangkan sisik
Pegang ujung tumpul pisau pada sudut 45 derajat, mulailah menghilangkan sisik dengan mendorong pisau pada kulit yang bergerak dari ekor ke kepala. Lakukan ini di bawah air mengalir sehingga sisik tidak akan tersebar.

5. Suhu sempurna

Ikan dimasak dengan sempurna ketika mencapai suhu internal 120—145 derajat farenhait.

6. Jenis ikan
Ikan putih seperti cod, plaice, sole, dan haddock cocok untuk digoreng. Ikan berminyak seperti salmon, trout, dan sarden lebih sering dipanggang, atau dikukus.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak