Lima Tempat Wisata Keren di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi

Selasa, 03 September 2019 - 23:03 WIB
Lima Tempat Wisata Keren di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi
Lima Tempat Wisata Keren di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi
A A A
JAKARTA - Dikenal sebagai kota minyak di ujung Kalimantan, Balikpapan di sisi lain ternyata mempunyai cukup banyak tempat wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan. Beberapa lokasi wisata menarik di Balikpapan antara lain danau, pantai hingga wisata alam hutan bakau.

Saat ini, baik pemerintah maupun warga setempat mencoba terus menggali potensi wisata yang ada di Balikpapan, serta menyediakan berbagai akomodasi penginapan, seperti mendirikan hotel-hotel di Balikpapan . Apabila Anda memiliki rencana berwisata ke Balikpapan, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata terbaru yang bisa Anda kunjungi.

1. Danau Cermin Lamaru

Danau yang berlokasi di Jalan Rawamangun, Kelurahan Lamaru, Kecamatan Balikpapan Timur ini memiliki panorama yang begitu cantik dan asri. Danau Lamaru disebut juga Danau Cermin, karena jernihnya air danau mampu memantulkan bayangan pepohonan di sekitarnya sehingga tampak menyerupai cermin.

Danau Cermin Lamaru terbentuk secara tidak sengaja mulai sekitar 2009. Kala itu, kawasan tersebut merupakan tempat latihan menembak, yang kemudian dikembangkan menjadi proyek khusus. Akan tetapi, proyek tersebut tidak selesai dan meninggalkan sebuah cekungan. Lambat laun, cekungan tersebut berubah menjadi sebuah danau indah dengan air yang jernih berwarna biru kehijauan.

2. Kebun Raya Balikpapan

Meskipun merupakan kota modern, Balikpapan ternyata memiliki ruang-ruang terbuka hijau yang cukup luas. Salah satu wisata alam berkonsep ruang terbuka hijau yang dapat Anda kunjungi saat berada di Balikpapan adalah Kebun Raya Balikpapan.

Kebun raya ini terletak di Jalan Soekarno-Hatta KM 15, Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara. Di lokasi wisata ini, Anda dapat menikmati sejuknya udara dan indahnya suasana hutan lindung yang begitu rindang.

Selain itu, di sana Anda juga bisa belajar mengenal beragam jenis pohon dan tanaman asli Kalimantan. Jika beruntung, Anda juga dapat menyaksikan aneka jenis satwa, seperti burung dan bekantan, yang bertempat tinggal di hutan lindung Sungai Wain yang masih satu kawasan dengan hutan raya tersebut.

3. Pantai Melawai

Tidak jauh dari pusat kota Balikpapan, terdapat sebuah pantai cantik bernama Pantai Melawai. Dari pantai tersebut, tampak sebuah pulau kecil di tengah laut yang bernama Pulau Babi. Pada saat air laut surut, Pulau Babi dapat dikunjungi hanya dengan berjalan kaki.

Salah satu keindahan paling menakjubkan yang paling banyak diincar wisatawan yang berkunjung ke Pantai Melawai adalah panorama matahari terbenamnya. Di sana, pengunjung dapat menyaksikan indahnya suasana senja sambil menikmati kuliner lesehan yang sudah disediakan oleh pihak pengelola Pantai Melawai.

4. Mangrove Center Graha Indah

Kawasan wisata alam hutan bakau ini berlokasi di Kelurahan Batu Ampar, Kecamatan Balikpapan Barat. Beragam jenis tanaman bakau dibudidayakan di daerah ini dengan harapan supaya dapat mencegah abrasi sungai sekaligus untuk melindungi habitat bekantan.

Di Mangrove Center Graha Indah, pengunjung dapat berjalan-jalan melalui jembatan kayu untuk melihat dan mengenal ragam jenis tanaman bakau. Selain itu, pengunjung juga dapat menyewa perahu dan melakukan kegiatan susur sungai untuk menyaksikan bekantan yang berlompatan di atas pohon.

5. Pantai Manggar Segarasari

Kota Balikpapan memiliki cukup banyak kawasan wisata pantai yang begitu menawan. Salah satu pantai tercantik yang merupakan favorit para wisatawan yang berkunjung ke Balikpapan adalah Pantai Manggar Segara Sari yang berlokasi di Kelurahan Manggar Baru, Kecamatan Balikpapan Timur.

Pantai Manggar Segara Sari memiliki kontur yang landai dengan ombak yang kecil, serta tipe pasir berwarna putih dan lembut. Di pantai ini, pengunjung dapat menikmati beragam wahana seru, seperti banana boat, jetski, atau voli pantai.

Pantai ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Di sana sudah tersedia lahan parkir yang luas, toilet, tempat ibadah, serta tempat makan. Selain bersih, area wisata Pantai Manggar Segara Sari juga ditata dengan baik sehingga membuat pengunjung merasa nyaman.

Jadi, sudah siapkah Anda berwisata ke Balikpapan? Jika hendak berwisata di kota yang terletak di Kalimantan Timur ini, Anda bisa menggunakan aplikasi Airyrooms untuk mendapatkan hotel atau booking hotel dengan cara yang mudah. Lewat Airy, booking hotel online bisa lebih cepat, hemat, dan lebih aman.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4170 seconds (0.1#10.140)