alexametrics

5 Cara Mudah Membuat Makanan Terasa Lebih Enak

loading...
5 Cara Mudah Membuat Makanan Terasa Lebih Enak
Makanan di restoran atau hotel berbintang akan berbeda dengan masakan rumahan. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa makanan yang dibeli di restoran terasa lebih enak dibandingkan memasaknya sendiri di rumah. Tentunya ada rahasia yang membuat makanan di rumah makan terasa nikmat di lidah dan menggugah selera. Seperti halnya menggunakan bahan-bahan yang segar dan terjamin kualitasnya.

Namun tak perlu khawatir, masak sendiri di rumah juga bisa meghasilkan makanan yang nikmat. Memang ada caranya dan itu terbilang sederhana dan mudah. Dilansir Times of India, berikut tips sederhana untuk membuat makanan terasa lebih nikmat.

1. Gunakan gula untuk bumbu
Menggunakan gula merupakan cara terbaik untuk membumbui masakan Anda. Tambahkan sedikit gula pada protein tanpa lemak untuk membuat makanan terasa lezat.



2. Panggang sayuran di api besar
Memanggang sayuran dengan api besar akan memusatkan rasa dan memunculkan rasa manis pada sayuran. Panas yang kering dari oven seringkali mengaramelkan gula alami pada sayuran yang menghasilkan rasa luar biasa

3. Tambahkan rempah segar pada waktu tepat
Menambahkan rempah di awal proses memasak akan melepaskan rasa maksimal. Sementara bumbu halus idealnya diberikan pada akhir proses memasak agar rasa dan warna tidak hilang.

4. Kue atau roti berwarna cokelat keemasan

Apapun yang berwarna cokelat terasa lebih enak. Termasuk untuk roti, pai atau bahkan kue yang idealnya tidak diambil dari oven sampai bagian luarnya berwarna cokelat keemasan.

5. Hindari paparan cahaya dan oksigen pada mentega

Lemak dalam mentega, minyak dan kacang-kacangan akan menjadi tengik ketika terpapar oksigen dan cahaya. Yang terbaik adalah mengurangi paparan untuk memperlambat proses. Karenanya, menyimpan lemak dengan benar adalah yang terpenting. Mentega dan kacang-kacangan idealnya dimasukkan kembali ke dalam freezer sementara minyak nabati simpan di suhu ruangan yang gelap.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak