alexametrics

Gizi Mikro bagi Ibu Hamil Jangan Dianggap Sepele

loading...
Gizi Mikro bagi Ibu Hamil Jangan Dianggap Sepele
Gizi Mikro bagi Ibu Hamil Jangan Dianggap Sepele
A+ A-
JANGAN anggap sepele peran gizi mikro bagi ibu hamil. Pasalnya, nutrisi jenis ini memainkan peranan penting selama proses kehamilan. Kebutuhan akan nutrisi mikro saat hamil juga meningkat. Dikatakan Dr dr Ali Sungkar SpOG (K), jika ibu hamil kekurangan nutrisi mikro, maka bisa berdampak buruk bagi janin.

“Dampaknya seperti kelainan plasenta dan perdarahan saat melahirkan, bayi lahir prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, dan bayi meninggal dalam kandungan,” katanya, dalam diskusi yang diadakan SGM Bunda. Karena itu, menurut dia, persiapan yang baik harus dilakukan pada masa kehamilan.

Mulai dari persiapan fisik yang baik hingga kecukupan nutrisi untuk mendukung agar janin dapat tumbuh sehat dan siap menjadi anak generasi masa depan. Penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan kualitas asupan makanan sehari-hari dengan menu makanan yang seimbang.



“Nutrisi mikro merupakan zat gizi yang diperlukan tubuh dalam jumlah kecil guna melaksanakan fungsi-fungsi fisiologis. Namun, karena dibutuhkan dalam jumlah kecil, kebanyakan ibu hamil sering melewatkan kecukupan nutrisi mikro dalam menu makanan mereka,” kata dr Ali.

Senior Brand Manager SGM Bunda Renta Situmeang menyampaikan, SGM Bunda hadir untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang lengkap dan untuk ibu hamil hingga menyusui dengan formula Complinutri yang mengandung nutrisi mikro penting selama periode kehamilan.

“Nutrisi mikro yang dikandung seperti asam folat, zat besi, vitamin D, dan minyak ikan,” kata Renta. Nutrisi mikro adalah nutrisi yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit. Sementara nutrisi makro merupakan nutrisi yang diperlukan tubuh dalam jumlah besar. Meskipun jumlahnya berbeda, keduanya punya fungsi yang berbeda dan sama-sama penting serta berkesinambungan.

Nutrisi makro berfungsi membentuk energi pada tubuh, sementara fungsi nutrisi mikro sebagai pengikat dari proses pembentukan energi tersebut. Protein, karbohidrat, dan lemak berfungsi dalam memberi tenaga. Sementara pada nutrisi mikro, yaitu vitamin larut air, vitamin larut lemak dan mineral.

Sayangnya, fakta di Indonesia menunjukkan bahwa 1 dari 2 ibu hamil mengalami anemia dan kekurangan nutrisi mikro seperti zat besi dan asam folat. Digital Marketing Manager PT Sarihusada Generasi Mahardika Mediana Herwijayanti menambahkan, untuk memberikan ibu hamil informasi tepercaya, SGM Bunda menghadirkan Instagram@SGMBunda.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak