alexametrics

5 Cara Sederhana Meningkatkan Siklus Tidur

loading...
5 Cara Sederhana Meningkatkan Siklus Tidur
Tidur nyenyak merupakan hal terbaik yang dapat dilakukan untuk tubuh. Sebaliknya, kurang tidur bisa menyebabkan diabetes, jantung dan masalah kesehatan mental. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Tidur nyenyak adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk tubuh. Ini penting untuk kesehatan fisik dan mental.

Sementara, kurang tidur dapat menyebabkan banyak risiko kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes, masalah kesehatan mental dan infertilitas. Itu juga membuat seseorang lelah, pemarah, dan murung.

Bagi sebagian orang, tidur menjadi masalah yang sulit diatasi. Alasannya karena ritme sirkadian mereka atau mekanisme yang memungkinkan tubuh untuk secara otomatis tahu kapan bangun dan bangun tidur menjadi benar-benar tidak berfungsi.



Hanya saja ada beberapa cara untuk mengatur ulang jam internal tubuh dengan mudah. Seperti dilansir Times of India, ada 5 cara sederhana untuk memperbaiki siklus tidur yang membuat tubuh terasa fresh.

1. Biarkan sinar matahari menyinari kamar

Buka kerai segera bangun untuk memungkinkan sinar matahari memenuhi ruangan. Siang hari akan memperingatkan kelenjar pineal Anda untuk berhenti memproduksi melatonin dan mengirim sinyal ke kelenjar adrenalin untuk memulai produksi kortisol. Ini mengatur ritme sirkadian dan Anda merasa energik. Jika sinar tidak masuk ke kamar, maka keluarlah dan berjemurlah di bawah sinar matahari pagi.

2. Kelola tingkat stres sepanjang hari

Tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan kadar kortisol dan mengurangi produksi melatonin. Ini mengganggu jam tubuh internal. Untuk mengatasi stres, Anda bisa melakukan yoga, jogging, meditasi, membaca, berkebun dalam rutinitas harian.

3. konsumsi makanan ringan saat makan malam

Sesuai Ayurveda, makan sesuai jam tubuh internal untuk menghindari peradangan dan ketidakseimbangan microbiome. Ini berarti seseorang harus menghindari makan malam yang berat di malam hari.

Menikmati makan malam dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan dapat mengganggu pola tidur. Selain itu, usus bertanggung jawab untuk memproduksi serotonin, yang diubah menjadi melatonin - hormon yang mengatur siklus tidur-bangun. Makan malam yang berat juga menyebabkan hambatan dalam produksi serotonin.

4. Sertakan makanan kaya melatonin sebelum tidur

Untuk tidur nyenyak, melatonin diperlukan. Jadi, baik untuk memiliki makanan kaya melatonin sebelum tidur. Minum jus ceri asam sebelum tidur terbukti meningkatkan durasi tidur. Ini adalah salah satu alasan mengapa Anda harus memasukkannya ke dalam makanan Anda di malam hari. Anda juga dapat memiliki makanan yang mengandung triptofan seperti unggas, telur, keju, kacang-kacangan, gandum, dan biji labu.

5. Hindari cahaya biru di malam hari

Tubuh keluar mulai memproduksi melatonin ketika gelap. Cahaya biru terang pada layar ponsel, komputer atau televisi membingungkan jam internal tubuh, akibatnya, Anda merasa sulit untuk tertidur di malam hari. Jangan gunakan ponsel atau laptop, setidaknya 1 jam sebelum tidur.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak