alexametrics

Disney Memulai Kampanye Oscar untuk Avengers: Endgame

loading...
Disney Memulai Kampanye Oscar untuk Avengers: Endgame
Disney dan Marvel Studios secara resmi telah memulai kampanye Academy Awards untuk Avengers: Endgame dengan menjadwalkan screening film itu di sejumlah kota. (Twitter/MCU Direct)
A+ A-
LOS ANGELES - Disney dan Marvel Studios secara resmi telah memulai kampanye Academy Awards untuk Avengers: Endgame. Studio ini bisa berhasil memasukkan Black Panther ke ajang penghargaan bergengsi itu tahun lalu. Black Panther bahkan masuk menjadi salah satu nominasi untuk Film Terbaik. Film yang disutradarai Ryan Coogler itu menjadi film pertama yang berhasil mendapatkan nominasi kategori tersebut. Sekarang, Marvel berusaha mengulangi kesuksesan film itu dengan Avengers: Endgame yang saat ini menjadi film terlaris sepanjang masa.

Situs For Your Consideration Disney telah di-update dengan memasukkan screening Avengers: Endgame di Los Angeles, New York, San Francisco dan London. Saat ini, belum jelas penghargaan mana yang diincar Marvel. Namun, cukup mudah jika disebut studio ini mengincar kategori Film Terbaik, Visual Efek Terbaik, Sutradara Terbaik dan bahkan mungkin nominasi Aktor Terbaik untuk Robert Downey Jr. Sutradara Endgame, Russo Bersaudara, sudah membahas tentang bagaimana Robert bisa meraih piala Oscar untuk Aktor Terbaik sejak film itu dirilis pada April lalu.

“Kami tidak membuat film untuk penghargaan. Ya, membuat ini sangatlah sulit. Kami membuat dua film termahal secara berurutan. Tapi, saya ingin menegaskan satu hal, dan itu adalah Robert Downey. Saya tidak tahu apakah saya pernah melihat—dalam sejarah film—audiens global bereaksi pada sebuah penampilan dengan cara yang sama terhadap Robert Downey di film itu. Ada orang yang menangis tersedu-sedu di bioskop, hyperventilating. Maksud saya, itu adalah penampilan yang mendalam, ketika kalian menyentung audiens di seluruh dunia ke level itu. Kami belum melihat yang seperti itu, dan kalau itu tidak layak mendapatkan Oscar, saya tidak tahu apa yang layak,” papar Joe Russo yang dikutip Comic Book.



Sementara Avengers: Endgame mampu memuskan penggemar dan kritikus, Oscar adalah permainana berbeda. Membawa pulang Film Terbaik atau bahkan Aktor Terbaik sepertinya masih jauh dari jangkauan, tapi hal-hal yang lebih aneh pernah terjadi. Melihat karier Robert secara utuh dan comeback-nya yang mengagumkan jelas layak mendapatkan pengakuan dari Academy. Aktor itu pernah dinominasikan untuk kategori Aktor Terbaik lewat Chaplin (1993) dan Aktor Pendukung Terbaik untuk Tropic Thunder (2009). Kalau Robert mampu membawa pulang sebuah penghargaan, maka Avengers: Endgame adalah film yang tepat untuk itu.

Robert membantu membangun Marvel Cinematic Universe (MCU) pada 2008 dengan Iron Man. Setelah itu, 11 tahun kemudian, film superhero telah berubah secara drastis sejak dia memerankan Tony Stark untuk kali pertama. Marvel Studios telah mengubah apa yang diwakili film buku komik dan apa yang bisa terjadi, jadi ini mungkin saatnya bagi Academy untuk mengakuinya. Bahkan, nominasi untuk Film Terbaik akan besar, yang mana itu akan dilihat banyak orang sebagai pengakuan Academy atas studio itu dan apa yang telah mereka ciptakan.

Endgame—yang meruntuhkan rekor Avatar sebagai film terlaris sepanjang masa dengan meraup USD2,79 miliar—mencapai titik puncak 11 tahun perjalanan mereka lewat MCU. Ini juga menandai berakhirnya perjalanan Robert dan Chris Evans—pemeran Captain America—di franchise itu.

“Kami harus keluar. Kami memilihnya, dan tahu bahwa itu bagian dari pekerjaan untuk keluar dari bus ketika dia berjalan ke tujuan lain. Ada sesuatu yang sangat mendalam soal itu. Saya senang dia dan saya akan ada di sana untuk menyambut yang lain ketika mereka pensiun,” ujar Robert.

Tak hanya Avengers: Endgame. Disney juga telah memulai kampanye Oscar untuk sejumlah film lain, yaitu Toy Story 4, The Lion Kind dan Frozen II. Ini membuat Captain Marvel, Dumbo, Maleficent: Mistress of Evil dan Star Wars: Rise of Skywalker tidak mendapatkan kampanye Oscar. Dengan mempertimbangkan franchise Star Wars yang sebelumnya meraih banyak penghargaan, ada kemungkinan Disney akan melakukan kampanye untuk Rise of Skywalker nanti.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak