5 Gejala Kolesterol Tinggi di Dada, Nomor 2 Mirip Serangan Jantung

Rabu, 04 September 2024 - 07:00 WIB
loading...
A A A

3. Sesak Napas


Sesak napas adalah gejala lain yang dapat terkait dengan kolesterol tinggi. Ketika arteri koroner menyempit, jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Ini dapat menyebabkan sesak napas, terutama selama aktivitas fisik atau saat berbaring. Jika sesak napas muncul bersamaan dengan nyeri dada, ini bisa menjadi tanda serius dari penyakit jantung koroner yang perlu segera ditangani.

4. Detak Jantung Tidak Teratur


Kolesterol tinggi dapat menyebabkan perubahan pada ritme detak jantung. Penumpukan plak kolesterol dapat memengaruhi aliran darah dan mengganggu fungsi normal jantung, menyebabkan detak jantung yang tidak teratur atau palpitasi.

Detak jantung yang tidak normal ini kadang-kadang disertai dengan perasaan seperti jantung berdebar-debar atau melompat-lompat.

5. Gejala Lain yang Harus Diwaspadai


Selain gejala yang dirasakan di dada, kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan gejala lain yang perlu diwaspadai, seperti:



- Kelelahan Ekstrem


Kolesterol tinggi dapat menyebabkan aliran darah ke organ-organ tubuh menjadi tidak optimal, yang bisa menyebabkan perasaan lelah yang berkepanjangan.

- Kepala Terasa Ringan atau Pusing


Penyempitan arteri karena kolesterol tinggi dapat mengurangi aliran darah ke otak, menyebabkan pusing atau sensasi kepala terasa ringan.

Gejala kolesterol tinggi yang muncul di dada, terutama nyeri dada atau angina, tidak boleh diabaikan. Jika Anda mengalami nyeri dada yang intens, sesak napas, atau gejala lain yang mencurigakan, segera cari pertolongan medis. Penanganan cepat sangat penting untuk mencegah komplikasi serius seperti serangan jantung.

Cara Mencegah Kolesterol Tinggi

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)