8 Cara Praktis Mencegah Lonjakan Gula Darah setelah Makan

Selasa, 03 September 2024 - 21:40 WIB
loading...
A A A

4. Hindari Duduk Terlalu Lama


Penelitian telah menghubungkan duduk dalam jangka waktu lama dengan sejumlah masalah kesehatan, termasuk gula darah tinggi. Berdiri atau berjalan setelah makan dapat menyebabkan pengeluaran energi yang dapat mengendalikan lonjakan gula darah.



5. Konsumsi Makanan Indeks Glikemik Rendah


Penderita diabetes harus mencoba untuk memasukkan makanan yang memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah. Makanan GI rendah, yang memiliki GI 55 atau kurang harus lebih disukai untuk mengendalikan lonjakan gula darah.

GI rendah mengacu pada diet yang berfokus pada makanan yang menyebabkan sedikit peningkatan kadar gula darah setelah makan karbohidrat dalam jumlah standar.

6. Tidur yang Cukup


Untuk menjaga kadar gula darah secara umum, seseorang harus tidur selama 8-9 jam setiap hari. Menurut Diabetes dan Endokrinologi JAMA, periode tidur yang tidak mencukupi dalam waktu lama dikaitkan dengan berbagai risiko kesehatan, termasuk peningkatan risiko diabetes tipe 2.

7. Minum Air Putih


Minum air putih dalam jumlah yang cukup dapat bermanfaat bagi penderita diabetes, karena dapat membantu mengeluarkan lebih banyak glukosa dari darah.

8. Periksa Tingkat Stres


Menurut Diabetes UK, tingkat stres yang tinggi dapat memengaruhi kadar gula darah Anda. Penting untuk mengelola stres melalui meditasi dan latihan kesadaran secara teratur.

(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)