alexametrics

Sulli f(x) Bunuh Diri, Penggemar Pertanyakan Perhatian SM Entertainment

loading...
Sulli f(x) Bunuh Diri, Penggemar Pertanyakan Perhatian SM Entertainment
Selebritas Korea Selatan, Choi Jin-ri alias Sulli tewas gantung diri usai berjuang dengan pelecehan online. / Foto: Resetera
A+ A-
SEONGNAM - Mantan member grup vokal F(x), Sulli F(x) dikabarkan meninggal dunia di kediamannya di Seoungnam, Korea Selatan, Senin (14/10/2019). Penyanyi dan aktris bernama lahir Choi Jin-ri itu ditemukan sudah tak bernyawa oleh sang manajer, setelah sulit untuk dihubungi.

Wanita kelahiran Busan, 29 Maret 1994 itu mengawali kariernya di dunia hiburan sebagai bintang cilik. Lalu, pada 2009 dia bergabung dengan girlband f(X) bersama Victoria, Amber, Luna dan Krystal. Akan tetapi lima tahun kemudian, Sulli hengkang dari f(X) usai berjuang dengan serangan dan pelecehan online.

Kepolisian setempat menyatakan bahwa Sulli diduga meninggal dunia karena bunuh diri. "Sepertinya Choi tinggal sendirian di rumah. Tampaknya dia tewas bunuh diri, namun kami juga mencari kemungkinan lain," terang seorang pejabat kepolisian di Seoungnam kepada Yonhap dan dikutip The Metro, Senin.



Sebelum ditemukan meninggal, Sulli pernah mengungkapkan perjuangannya dengan kecemasan, dan membuka semua masalah kesehatan mentalnya di sebuah acara reality show Jinri Store pada tahun lalu.

"Fobia sosial, panic disorder... Saya mengalami panic disorder sejak masih muda," ucap Sulli kala itu.

"Ada kalanya orang-orang dekat... Beberapa teman terdekat saya meninggalkan saya. Masyarakat menyakiti saya, semuanya jadi berantakan. Saya tidak memiliki siapapun di pihak saya atau siapapun yang bisa memahami saya. Jadi itu sebabnya saya benar-benar hancur berantakan," keluh Sulli.

Dalam beberapa tahun terakhir, Sulli kehilangan sahabat dekatnya, Jonghyun yang mengembuskan napas terakhir di usia 27 tahun pada Desember 2017. Sebagaimana Sulli, Jonghyun, yang merupakan anggota SHINee, juga mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Sulli pun turut hadir dalam pemakaman Jonhyun.

Dengan kematian Sulli, maka sudah sepasang bintang agensi SM Entertainment yang mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Hal itu pun tak luput dari sorotan warganet. "Pertama, Jonghyun dan sekarang Sulli, apa yang terjadi di SM. Mereka butuh memprioritaskan kesehatan mental dan kesejahteraan artisnya," kicau seorang warganet dengan akun @charismaticyong.

"Apa yang terjadi pada Sulli dan banyak idola lainnya harus berfungsi sebagai peringatan tentang hal-hal yang kami katakan dan sampaikan di internet. Itu juga berlaku untuk para idola dan semua orang pada umumnya. Ujaran kebencian dan negatif mempengaruhi orang, bahkan jika mereka tidak menunjukkannya dan kesehatan mental adalah masalah serius," tulisnya.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak