Di-PHK akibat Pandemi, Wahyudi Bangkit dan Bangun Al-Doughnut

Kamis, 27 Agustus 2020 - 01:22 WIB
loading...
Di-PHK akibat Pandemi, Wahyudi Bangkit dan Bangun Al-Doughnut
Kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19, Wahyudi akhirnya mencoba untuk menjalankan usaha donat dan roti. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Suara mesin mixerkue kecil sudah bekerja sejak subuh di rumah kontrakan Wahyudi. Dari kejauhan dia mulai terlihat sibuk menyiapkan bahan adonan donat dan roti . Ayah satu anak ini pun mempertontonkan kemahirannya dalam membuat donat yang rasanya tak kalah denganmerek-merek donat kenamaan di mall-mall.

(Baca juga: Early Grey Tea hingga Spaghetti, Ini Makanan Versi Restoran yang Bisa Dinikmati di Rumah )

Maklum, Wahyudi sebelumnya pernah bekerja di sebuah perusahaan donat ternama di Indonesia. Ruang lingkup pekerjaannya memang mengolah donat dan roti atau bidang food and beverage (F&B). Tetapi pandemi Covid-19 membuat dirinya kehilangan pekerjaan alias dirumahkan.

Memiliki pengalaman bekerja di perusahaan donat asal Singapura selama 11 tahun, Wahyudi pun mahir dalam meracik donat yang memiliki rasa serta tekstur mirip seperti donat sewaktu dia bekerja. Sedikit ilmu yang didapatnya semasa bekerja di perusahaan donat coba dia terapkan.

Setelah beberapa bulan terus mencoba-coba membuat donat sendiri, Wahyudi dengan dibantu istrinya, Sari membulatkan tekadnya untuk berdagang. Wahyudi berusaha membuat donat yang bukan sekadar donat rumahan dan bukan donat biasa. Tapi donat yang teksturnya empuk seperti donat yang sudah punya nama, tentunya dengan harga yang terjangkau.

Jualan donat dipilih lantaran pasangan suami-istri ini ingin melanjutkan apa yang sudah menjadi kebiasaan sebelumnya. Selain itu, bisnis ini dinilai fleksibel untuk dijadikan tren sebagai cemilan yang sehat serta disukai berbagai kalangan usia. "Karena basic atau skill pernah bekerja di perusahaan food and beverage," tutur Wahyudi saat ditemui, Rabu (26/8).

Lantas, berapa modal awal yang dihabiskan untuk membuka usahanya sendiri? Wahyudi mengaku jika modalnya relatif kecil untuk mendirikan bisnis rumahan ini. Simpanan di dalam tabungannya pun dia pergunakan untuk membuka usaha ini. Dengan mengusung brand Al-Doughnut, yang terinspirasi dari nama anaknya, Wahyudi dan istrinya sangat bersemangat menjajakan dagangan donatnya.

Perlahan tapi pasti, bisnis rumahan ini akhirnya mulai dikenal. Strategi penjualan Wahyudi cukup sederhana. Dia hanya menawarkan roti buatannya melalui grup whatsapp, media sosial serta menitipkan ke warung yang berada di dekat kontrakannya. Dari sinilah Al-Doughnut mulai dikenal di wilayah Semper, Jakarta Utara.

Meskipun pesanan tidak selalu datang setiap hari, namun sekali mendapatkan pesanan dia bisa mengolah sekitar 18 lusin (216 pcs). Harga satu donatnya pun bervariasi, mulai dari Rp3.000 hingga 4.000 dengan diberi sentuhan kemasan yang menarik. Wahyudi juga mengatakan bahwa donat rumahan buatannya ini hanya mampu bertahan dua hari.

"Harga itu untuk dijual di sekitar rumah. Tetapi untuk perkantoran saya menjual setengah lusinnya sebesar Rp23 ribu dan selusinnya Rp45 ribu. Karena harga yang kita kasih agar terjangkau baik di kalangan menengah ke atas maupun kalangan bawah. Selain donat, kita juga ada roti goreng," tutur Wahyudi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1785 seconds (0.1#10.140)