Terobosan Baru Pengobatan Kanker Payudara, Pentingnya Diagnosis HER2

Rabu, 11 September 2024 - 00:05 WIB
loading...
A A A
Pada pengobatan menggunakan trastuzumab, pasien menerima pengobatan selama setahun. "Ini biasanya dibagi menjadi beberapa kali pemberian, mungkin 17 kali selama periode tersebut. Namun, setiap respons terhadap pengobatan harus dipantau, termasuk dengan tes seperti IHK," jelas dr Andhika.

Setelah pengobatan awal, kanker payudara bisa kambuh dan bermetastasis ke organ lain, seperti hati atau tulang. Dalam kasus ini, biopsi ulang sering kali diperlukan untuk memastikan apakah kanker yang muncul memiliki sifat yang sama dengan kanker awal.

"Namun, banyak pasien enggan menjalani biopsi lagi karena sudah lelah secara fisik dan mental akibat perawatan sebelumnya seperti kemoterapi atau radiasi," jelas dr Andhika.

Terutama saat pengobatan kanker, terutama dengan terapi hormonal, dr Andhika menyebut bisa memiliki efek samping psikologis yang signifikan. Pasien sering kali mengalami kelelahan mental, dan beberapa mengalami perubahan suasana hati yang ekstrem, seperti depresi atau keinginan bunuh diri.

"Ini terutama terjadi pada pasien yang menjalani terapi hormonal, di mana terapi tersebut dapat mempengaruhi keseimbangan hormon tubuh, menyebabkan perasaan seperti yang dialami orang hamil atau menopause," jelas dr Andhika.
(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)