Terserang Autoimun, Ashanty Dirawat Intensif di Rumah Sakit

Jum'at, 22 November 2019 - 09:24 WIB
Terserang Autoimun, Ashanty Dirawat Intensif di Rumah Sakit
Terserang Autoimun, Ashanty Dirawat Intensif di Rumah Sakit
A A A
JAKARTA - Artis yang juga penyanyi Ashanty hingga kemarin masih terkulai lemah di Rumah Sakit (RS) Pondok Indah, Jakarta Selatan. Istri juri Indonesian Idol X Anang Hermansyah ini kembali dilarikan ke RS lantaran kesehatannya menurun drastis dan tubuhnya dipenuhi bentol-bentol yang diduga serangan penyakit autoimun.

Gejala penyakit autoimun telah dirasakan Ashanty dalam beberapa hari terakhir. Akibat penyakitnya ini, Ashanty terpaksa harus istirahat total dari aktivitasnya. Bahkan soal makan, jenis asupan yang masuk harus dikontrol betul.

"Kemarin sampai hari ini masih bentol-bentol seluruh badan. Karena belum tahu juga penyakitnya gimana dan obatnya belum ada. Jadi minta doanya aja buat teman-teman,” ujar anak Asyahty, Aurel Hermansyah, Rabu (20/11).

Dalam instagram story aurelie.hermansyah, Ashanty terlihat dengan wajah pucat dan terkulai lemah di kasur.

Munculnya bentol yang mendadak itu, ujar Aurel, membuat keluarga kian was-was. Agar kesehatannya tak kian memburuk, keluarga akhirnya membawa Ashanty ke RS. Aurel mengatakan, karena penyakit autoimun ini, Ashanty memiliki banyak pantangan dalam hal makanan. "Bunda tidak boleh makan tepung, nggak boleh makan nasi makanya harus dijaga betul apa yang dimakan bunda," jelas Aurel.

Sebagai gantinya, Ashanty harus mengonsumsi makanan berbahan organik tanpa campuran berbahan zat kimia buatan. Untuk memastikan sakit yang diderita Ashanty, tim dokter telah melakukan endoskopi dan biopsi di usus artis kelahiran Jakarta, 4 November 1984 tersebut.

Lantas apa sebenarnya penyakit autoimun tersebut? Autoimun adalah jenis gangguan kesehatan di mana sistem imunitas tubuh menyerang tubuh. Dalam kondisi sehat, sistem imunitas seharusnya melawan bakteri dan virus. Serangan ini membuat sistem kekebalan tubuh justru menyerang bagian tubuh tertentu seperti kulit. Kondisi ini mampu mengeluarkan protein yang menyebabkan autoantibodies yang menyerang sel sehat.

Melansir Healthline, sedikitnya terdapat 80 jenis penyakit autoimun. Beberapa yang populer adalah diabetes tipe 1, lupus, psoriasis, multiple sclerosis, hingga heumatoid arthritis. Sekitar 24 juta atau 7% penduduk Amerika Serikat diketahui mengalami penyakit autoimun. Biasanya, penderita penyakit tersebut adalah perempuan dan gejala muncul saat dewasa.

Tak hanya Ashanty, ternyata, banyak selebritas dunia yang mengidap penyakit jenis ini. Pada 2015 lalu, Selena Gomez didiagnosis mengalami lupus-penyakit autoimun yang menyebabkan kekelahan dan rasa nyeri berlebihan.

Selena yang telah berhasil menjual 7 juta album dan 22 juta single di seluruh dunia ini lantas menjalani operasi transplantasi ginjal pada 2017 lalu. "Saya mengalami kekhawatiran, kepanikan, dan depresi yang merupakan dampak dari lupus," katanya kepada People pada Agustus 2016 lalu.

Kim Kardashian juga mengalami psoriasis yang merupakan salah satu jenis penyakit autoimun. Penyakit tersebut menyebabkan kulitnya mengalami bercak-bercak. "Para selebritas yang mengalami psoriasis umumnya disebabkan karena tekanan dan stres," demikian keterangan National Psoriasis Foundation dilansir ABC News.

Dari kalangan atlet, petenis dunia Venus William mengalami sindrom Sjogren. Salah satu jenis penyakit autoimun itu menyebabkan energinya mudah hilang atau kelelahan sehingga dia sulit berkompetisi. Sindrom Sjogren merupakan salah satu penyakit autoimun yang diderita banyak orang.

Suami Ashanty, Anang Hermansyah mengungkapkan, badan Ashanty dipenuhi banyak bentol yang tidak wajar.”Belum pernah liat seperti itu jadinya kita putuskan harus dapat perawatan medis lagi," kata Anang.

Sebelumnya dalam ajang Indonesian Idol X, Anang pun meminta dukungan dan doa masyarakat untuk kesembuhan istrinya agak sehat dan kembali beraktivitas.

"Buat istriku, mudah mudahan kamu lihat acara langsung ini. Kita semua mendoakan kamu cepat sembih dan punya kekuatan untuk melewati itu semua," kata Anang dari bangku juri.(Thomasmanggalla/Andika H Mustaqim)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6112 seconds (0.1#10.140)