5 Makanan Penyebab Batu Empedu, Nomor 3 Dikonsumsi Tiap Hari

Jum'at, 18 Oktober 2024 - 13:40 WIB
loading...
A A A


3. Makanan Berlemak Tinggi dan Gorengan


Gorengan dan makanan yang mengandung banyak lemak tidak sehat, seperti makanan cepat saji, camilan olahan, dan daging goreng, dapat memicu masalah kandung empedu. Makanan ini sulit dicerna dan dapat membebani kandung empedu, yang dapat mengakibatkan peradangan.

Batu empedu terjadi ketika empedu mengandung kolesterol dalam jumlah berlebihan, juga bisa diperburuk oleh kandungan lemak yang tinggi. Contoh makanan, kentang goreng, ayam goreng, dan keripik kentang.

4. Daging Olahan


Daging olahan seperti daging beku mengandung banyak lemak tidak sehat dan bahan pengawet. Makanan ini dapat membebani kantong empedu dan dapat meningkatkan kemungkinan terbentuknya batu empedu.

Kandungan natrium yang tinggi dalam daging olahan dapat menyebabkan retensi cairan dan peningkatan tekanan pada kantong empedu. Contoh makanan yang harus dihindari seperti salami, pepperoni, dan bologna, hingga daging kemasan.



5. Produk Susu Tinggi Lemak


Produk susu yang tinggi lemak dapat mengganggu kantong empedu. Susu berlemak penuh, keju, dan es krim dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam empedu, yang dapat menyebabkan pembentukan batu empedu.

Meskipun susu merupakan sumber kalsium dan nutrisi penting lainnya, memilih yang rendah lemak atau bebas lemak dapat membantu melindungi kantong empedu. Contoh yang harus dihindari susu berlemak tinggi, krim, dan krim asam, keju, krim keju, dan es krim.
(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)