Kantongi Legalitas, YPJI Ingin Terus Eksis Bantu Sesama

Jum'at, 28 Agustus 2020 - 19:39 WIB
loading...
Kantongi Legalitas, YPJI Ingin Terus Eksis Bantu Sesama
Semangat dan keberadaan YPJI pada awalnya bermula dari kegiatan sosial Gerakan Peduli Jurnalis. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Yayasan Peduli Jurnalis Indonesia (YPJI) menggelar syukuran sekaligus menandai hari kelahirannya yang berbarengan dengan HUT Kemerdekaan RI , 17 Agustus 2020. Acara peresmian YPJI ini pun dilangsungkan di di Wa'Nick Cafe, Kemanggisan, Jakarta pada 26 Agustus lalu.

(Baca juga: Memastikan Tumbuh Kembang Anak dengan Mengukur Tinggi Badan )

Berlangsung secara sederhana dengan pemotongan tumpeng, acara ini pun dihadiri seluruh pengurus YPJI yang mayoritas masih aktif sebagai jurnalis. Menurut Ketua Dewan Pembina YPJI, Agus A Mile, keberadaan YPJI harus bisa menjadi kendaraan yang memberikan banyak manfaat untuk kesejahteraan kehidupan jurnalis .

Lebih jauh, Agus A Mile mengingatkan pentingnya profesi jurnalis , sehingga dibutuhkan perhatian yang lebih kepada mereka, terlebih dalam masa pandemi saat ini. "Jurnalis itu memiliki peranan yang penting. Dengan adanya yayasan ini, kita bisa saling membantu agar fungsi kita bisa lebih baik dalam iklim demokrasi saat ini," ucapnya seusai acara peresmian.

Agus juga mengungkapkan bahwa secara legalitas YPJI sudah resmi berbadan hukum. Dia pun yakin YPJI enggak perlu waktu lama untuk bisa menjadi organisasi yang besar.

Pada saat yang sama, Ketua Umum YPJI, Andi Arif mengutarakan jika semangat dan keberadaan YPJI pada awalnya bermula dari kegiatan sosial Gerakan Peduli Jurnalis. Melalui gerakan sosial tersebut disalurkan ratusan sembako yang berlangsung hingga tujuh tahap kepada ratusan jurnalis.

"Cikal bakal YPJI ini lahir dari semangat gerakan peduli jurnalis kemarin. Dari situ, saya menganggap perlu adanya payung hukum atau legalitas untuk bisa menopang pergerakan organisasi dan bisa menyerap bantuan ataupun menjalin kerjasama yang lebih besar lagi, baik itu ke pemerintah ataupun swasta," terang Andi.

(Baca juga: Pentingnya Asupan Nutrisi yang Tepat untuk Pertumbuhan Anak )

Untuk ke depannya, YPJI, yang diinisiasi para jurnalis hiburan di Jakarta, sudah mempersiapkan berbagai program. Andi Arief berharap langkah yang dilakukan YPJI bisa memperoleh dukungan dari semua pihak yang memiliki kepedulian terhadap sesama. "Doakan kami bisa eksis untuk membantu sesama. Teman-teman jurnalis yang terpuruk dalam kondisi saat ini," tukasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2004 seconds (0.1#10.140)