alexametrics

Minyak Pohon Teh Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Mengatasi Jerawat

loading...
Minyak Pohon Teh Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Mengatasi Jerawat
Tea trea oil atau minyak pohon teh bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat. Selain itu, menjaga kulit tetap sehat. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Perawatan kulit sangat penting, terutama di musim dingin karena angin yang kencang, dingin, dan kering di musim ini dapat menghilangkan kelembaban alami kulit. Masalah-masalah seperti kulit dan bibir pecah-pecah, kering, berjerawat, kemerahan menjadi masalah kulit yang sangat umum selama musim dingin. Bagi sebagian orang, masalah kulit bersifat menetap, dan mereka selalu mencari cara alami dan sehat untuk menghilangkannya.

Salah satu cara alami tersebut adalah menggunakan tea trea oil atau minyak pohon teh, yang ditemukan dalam banyak produk perawatan kulit dan direkomendasikan untuk berbagai masalah kulit.

Minyak pohon teh bisa langsung diaplikasikan pada kulit. Minyak ini dikenal sebagai minyak melaleuca di beberapa bagian dunia dan salah satu minyak esensial dengan aroma segar. Umumnya, minyak pohon teh berbentuk jernih dan terkadang memiliki semburat kuning.



Berdasarkan penelitian, minyak pohon teh mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi aktivitas mikroba bakteri dan jamur pada kulit. Bakteri merupakan penyebab utama di balik masalah kulit seperti jerawat, sementara infeksi jamur pada kulit dapat menyebabkan rasa gatal, kemerahan hingga kulit terkelupas.

Selain itu, minyak pohon teh dapat membantu melawan kedua mikroba tersebut, dan menjaga kulit tetap sehat. Dilansir Times Now News, studi lain menunjukkan bahwa minyak pohon teh dapat digunakan sebagai antiseptik dan untuk perawatan luka kecil, goresan, dan luka lainnya. Sifat anti-inflamasi dan efek antimikroba dari minyak ini dapat membantu mengobati luka dengan cepat, tanpa pertumbuhan kuman di dalam atau di sekitar luka.

Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa minyak pohon teh sangat efektif dalam mengobati jerawat persisten. Tidak hanya dapat mengurangi jerawat yang sudah pecah, juga dapat mengurangi keparahan dan frekuensi berjerawat. Gel anti-jerawat yang mengandung minyak pohon teh merupakan salah satu perawatan OTC paling efektif untuk jerawat.

Minyak pohon teh tidak hanya berguna dan bermanfaat untuk masalah kulit yang umum, juga dapat membantu perawatan yang serius lainnya. Menurut penelitian, senyawa anti-inflamasi yang terdapat dalam minyak pohon teh dapat meningkatkan gejala psoriase, suatu kondisi autoimun yang menyebabkan wabah kulit merah, gatal, dan kerak.

Di sisi lain, minyak pohon teh dapat membantu dalam perawatan kaki olahragawan, infeksi jamur yang menyebabkan kulit merah dan bersisik dan melepuh. Infeksi juga menular dan perlu dirawat secara efektif untuk memastikan tidak menular ke orang lain.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak