Nike Gunakan Sejumlah Elemen Alas Kaki untuk Bikin APD

Rabu, 15 April 2020 - 01:53 WIB
loading...
Nike Gunakan Sejumlah Elemen Alas Kaki untuk Bikin APD
Nike menggunakan kembali elemen alas kaki dan pakaiannya untuk membuat alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis. / Foto: Nike
A A A
OREGON - Nike menggunakan kembali elemen alas kaki dan pakaiannya untuk membuat alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis. Seperti diketahui, APD merupakan salah satu perlengkapan yang keberadaannya sangat dibutuhkan oleh para tenaga medis dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Label perlengkapan olahraga berbasis di Oregon, AS ini menyatakan bahwa tim inovasi, produksi, dan produknya bersama dengan para profesional kesehatan di Oregon Health and Science University (OHSU) membantu pembuatan pelindung wajah untuk petugas kesehatan, selain menciptakan lensa respirator pembersih udara (PAPR) untuk melindungi diri dari COVID-19.

"Ketika OHSU berbagi pelindung wajah saat ini, menemukan cara untuk mereproduksi peralatan dengan bahan milik Nike dan fasilitas manufaktur menjadi tujuan langsung," kata pihak dari Nike seperti dilansir The Independent. "Tujuannya bukan hanya pelindung yang berfungsi tinggi, tetapi juga perisai yang memungkinkan model produksi sederhana," tambahnya.

Nike memaparkan bahwa petugas kesehatan di universitas itu langsung menjadi penguji lapangan prototipe dan validator peralatan akhir. "Versi Nike tentang pelindung wajah mengubah elemen alas kaki dan pakaian dan menjadi PPE yang sangat dibutuhkan," ungkapnya.

Adapun collar padding untuk sepatu digunakan kembali. Tali yang awalnya diperuntukkan pakaian dipertimbangkan kembali, dan yang terpenting, komponen TPU dari ciri khas Nike, sol Nike Air kembali digunakan.

Tonya Miko Enomoto, MD, profesor asosiasi anestesiologi dan kedokteran perioperatif di Fakultas Kedokteran OHSU memaparkan bahwa petugas kesehatan berisiko lebih tinggi tertular virus tanpa alat pelindung yang memadai. Hal ini pada akhirnya dapat menimbulkan masalah besar pada tenaga kerja layanan kesehatan dalam beberapa bulan ke depan.

"Alat pelindung wajah membantu melindungi wajah petugas kesehatan dan juga membantu untuk memperpanjang kita dapat menggunakan masker bedah atau N95 dengan aman," papar Dr Enomoto.

"Tanggapan Nike yang murah hati terhadap krisis Covid-19 membantu menanamkan lapisan kepercayaan dan dukungan tambahan bagi petugas kesehatan, bahwa kita dapat dengan aman melakukan pekerjaan yang harus kita lakukan sejak awal," lanjutnya.

Pengiriman pertama pelindung wajah dan lensa PAPR yang disumbangkan dilakukan ke OHSU pada awal bulan ini. "Misi OHSU adalah untuk mendukung kesehatan dan kesejahteraan semua warga Oregon, dan kami tidak dapat melakukan itu tanpa persediaan peralatan perlindungan pribadi yang memadai," ucap Presiden OHSU, Danny Jacobs, MD.

Nike menguraikan bahwa pelindung wajah dan lensa PAPR akan disediakan untuk sistem kesehatan di wilayah Markas Besar Dunia Nike, termasuk Providence, Sistem Kesehatan Warisan dan Kaiser Permanente, dan lainnya di seluruh negara bagian Oregon.

"Nike akan terus mencari cara untuk lebih lanjut mendukung petugas kesehatan yang berani dalam upaya tanpa lelah mereka untuk mendukung, menyembuhkan dan menghibur masyarakat kita melalui masa-masa yang luar biasa ini," pungkas Nike.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1696 seconds (0.1#10.140)