Gorden dan Blind Percantik Jendela

Rabu, 02 September 2020 - 11:15 WIB
loading...
A A A
Bahan penutup jendela ini ?terbuat dari campuran kain dan plastik, campuran fiber dan PVC, campuran PVC dan poliester serta vinil. "Horizontal blind adalah penutup jendela yang terdiri dari potongan bahan berbentuk persegi panjang dan diletakkan berjajar secara horizontal," tambah Susan.

Di pasaran, penutup jendela ini dijual dengan ukuran antara 90 mm (milimeter), 127 mm, dan 100 mm. Selain kayu, bahan yang sering digunakan adalah plastik dan aluminium. Untuk variasinya pun disediakan dalam dua pilihan, yaitu roman blind dan roller blind. (Baca juga: Begini Suasana Hari Pertama Pembatasan Aktivitas Warga Depok)

"Disebut roman blind ketika dibuka akan membentuk lipatan yang saling tumpang tindih. Model penutup jendela seperti ini menggunakan bahan kain yang memiliki bentuk berlipat-lipat," kata Susan.

Namun, roman blind membutuhkan rel khusus sebagai tempat bergantungnya yang sekaligus berfungsi mengatur dan mengontrol tali. Jenis ini bisa digunakan untuk semua jendela yang ada di rumah. Karena bahannya yang ringan, roman blind cocok untuk ruang bergaya lembut dan modern.

Adapun roller blind dari bentuknya sendiri hampir mirip dengan roman blind. Hanya saat terbuka, penutup jendela akan tergulung ke arah atas, bukan terlipat. Menaik-turunkan kain bisa dilakukan dengan pegas maupun rantai.

"Untuk yang sistem pegas, cukup dengan menarik bagian kain ke arah bawah, sedangkan untuk sistem rantai dilakukan dengan menarik rantai yang ditempatkan di sisi kanan atau kiri roller blind," sarannya.

Bahan roller blind terbuat dari kain poliester, fiber, dan PVC. Masing-masing bahan memiliki variasi berdasarkan tekstur, warna, desain, dan hiasannya. Biasanya sistem pegas lebih mahal daripada sistem rantai. (Lihat videonya: Kericuhan Warnai Penobatan Sultan Sepuh XV Keraton Kesepuhan Cirebon)

Jenis blind yang biasa diaplikasikan di perkantoran, hotel, dan apartemen juga cocok diaplikasikan pada dapur dan ruang kerja. Bagaimana, tertarik untuk mengaplikasikannya di rumah? Selamat mencoba. (Aprilia S Andyna)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)