Susu Sapi atau Susu Kerbau, Mana yang Lebih Baik?

Senin, 10 Februari 2020 - 17:11 WIB
Susu Sapi atau Susu Kerbau, Mana yang Lebih Baik?
Susu Sapi atau Susu Kerbau, Mana yang Lebih Baik?
A A A
JAKARTA - Sejak kecil, kami telah diberitahu tentang berbagai manfaat menikmati segelas susu setiap hari karena merupakan sumber kalsium, lemak, protein yang bagus.

Susu sapi dan susu kerbau dinilai memberi banyak mafaat pada tubuh. Tapi, mana yang lebih baik di antara kedua susu tersebut. Tentu Anda bingung menentukannya. Untuk mengetahui lebih jelas, Times of India memberi ulasan tentang kedua susu itu.

1. Protein
Susu kerbau merupakan sumber protein yang kaya karena memiliki sekitar 10-11 persen protein dibandingkan dengan susu sapi. Jadi, jika seseorang berencana untuk melakukan diet kaya protein, maka menambahkan susu kerbau ke dalam makanan bisa menjadi ide bagus.

2. Gemuk
Jika Anda mencari susu dengan lemak rendah, maka susu sapi adalah pilihan yang bagus karena memiliki 3-4 persen lemak dibandingkan dengan susu kerbau, yang memiliki sekitar 7-8 persen. Faktanya, kandungan lemak dalam susu kerbau membuatnya sulit untuk dicerna dan tidak baik untuk orang yang menderita intoleransi laktosa. Namun, susu kerbau membuat Anda puas untuk jangka waktu yang lebih lama.

3. Hidrasi
Baik susu kerbau dan susu sapi baik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Namun, jika Anda ingin menambahkan lebih banyak air ke dalam makanan Anda, maka susu sapi adalah pilihan yang bagus karena memiliki kandungan air 90 persen, yang membantu menjaga Anda tetap terhidrasi.

4. Kolesterol
Terlepas dari kenyataan bahwa susu kerbau memiliki kandungan lemak yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi, mengejutkan bahwa susu kerbau memiliki jumlah kolesterol yang rendah, yang menjadikannya pilihan yang sempurna bagi orang yang menderita penyakit seperti hipertensi, masalah ginjal, PCOD dan obesitas.

5. Kalori

Tidak dapat disangkal fakta bahwa susu kerbau memiliki lebih banyak kalori karena mengandung banyak protein dan lemak. Faktanya, 1 cangkir susu kerbau mengandung 237 kalori, sedangkan 1 cangkir susu sapi mengandung 148 kalori.

Catatannya, kedua varian susu ini kaya akan nutrisi dan dapat memberi tubuh nutrisi yang sangat dibutuhkan. Namun, jika Anda mencari susu yang mudah dicerna, maka memilih susu sapi. Tetapi jika Anda minum susu untuk menjaga tubuh tetap kenyang dalam waktu yang lebih lama, maka susu kerbau adalah pilihan yang terbaik. Artinya, konsumsi susu tergantung pada preferensi Anda dan kebutuhan tubuh.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7198 seconds (0.1#10.140)